Skip to main content

Contoh RPP teks prosedur



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                      : SMP NURUL JADID
Mata Pelajaran           : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester         : VII/Satu
Materi Pokok             : Teks Prosedur
AlokasiWaktu             : 3 Pertemuan (9 JP)

 

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan membaca teks prosedur, peserta didik dapat memahami ciri umum, struktur, kebahasaan serta penyimpulan teks prosedur.

B.    Kompetensi Dasar
3.5  Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu, cara menggunakan, 
       dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner
       khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
       didengar
4.5  Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat music daerah, tarian
      daerah, cara membuat cindera mata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan
      didengar

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5.1 Menentukanciriumumteksprosedurpadateksyangdibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftarkata/kalimatsebagaiciriteksprosedurpadateksyang dibacadidengar.
3.5.3 Menentukanjenisteksprosedurpadateksyangdibaca/didengar
4.5.1 Menjawabpertnyaaanisiteksprosedur
4.5.2 Meringkasurutanisiteksprosedur
 4.5.3 Mendemonstrasikan cara melakukan pekerjaan dari simpulan teks yang didengar

C.    Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a.  Pengertianteksprosedur
b.  Jenisteksprosedur
c.  Tujuankomunikasiteksprosedur
d.  Ciribahasateksprosedur

2.  Materi pembelajaran pengayaan
a. Pengertianteksprosedur
b. Jenisteksprosedur
c. Tujuankomunikasiteksprosedur
d. PolaPengembanganisiteksProsedur
e. Ciri-ciri kata kerja, katabenda, katasambung, urutan, kalimat perintah, kalimat saran,
    kalimatlarangan
f.  Strukturteksprosedur
g. Karakteristiktiapbagianteksprosedur
h. Prinsip penggunaan kata kerja, kata benda, katasambungurutan, kalimat perintah,
    kalimat saran, kalimat larangan dalam teks prosedur

3.  Materi pembelajaran remedial
    a.  Pengertianteksprosedur
    b.  Jenisteksprosedur
    c.  Tujuankomunikasiteksprosedur
    d.  Ciri-ciribahasateksprosedur
              e.  Caramemahamiisiteksprosedur

D.    Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran : Pendekatan Saintifik

E.    Media dan Alat
-       Teks prosedur
-       Kertas HVS

F.    Sumber Belajar
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud







G.    Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuanpertama:3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10menit)
1)    Pesertadidikdiajakmelakukangerakantubuh(senamringan) ataspetunjukguru
2)    Pesertadidikdiajakbertanyajawabtentangbentukteksprosedurdalamkehidupan sehari-
       hari
3)    Pesertadidikdiajaktanyajawabuntukmengatahuipenguasaankompetensi yangsudahdipelajarisebelumnya.
3)    Pesertadidikdipandu
       gurumengamatikompetensiyangakandicapai,yaitumenentukanciriteks prosedur
4)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
       akan dilakukan
5)    Pesertadidikmenerimapenyampaikanlingkuppenilaian

b. Kegiatan Inti (100menit)
1.   Peserta didik ditunjukkan model teks prosedur tentang ‘‘Cara Memainkan Angklungpada Buku Siswa( hal:85) dipandu guru.
2.   Pesertadidikmenanyakanhal-halyang terkaittentangciriteksprosedur
3.   SecaraberkelompokpesertadidikmembacateksprosedurCaraMembuatObatTradisional‘
4.   Secaraberkelompok,pesertadidikmendiskusikanciridanbahasateksprosedur
5.   Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain member tanggapan atau komentar.

c. Kegiatan Penutup(10menit)
1)    Pesertadidikbersama gurumenyimpulkanbutir-butirpokoktentangteksprosedur.
2)     Pesertadidikbersama gurumelakukanidentifikasikeunggulandankelemahankegiatanpembelajaranpadahari itu.
3)    Pesertadidikmenerimaumpanbalikdalamprosespembelajaranmengenaliteksprosedur
4)    Pesertadidikmenerimatugasdarigurumencaricontohteksprosedurdimajalah,koran,atau
       dibuku.
5)     Pesertadidikmenerimapenyampian gurutentangkegiatanpembelajaranpertemuanberikutnyaberdasarkanpengalamanyang palingmengesankan.

2. Pertemuan kedua(3 JP )
a. KegiatanPendahuluan(10menit)
1)    Peserta didik menyampaiakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnyadenganmelakukantanyajawabbersamaguru.
2)    Pesertadidikmenerimakompetensiyangakandicapai,yaituciribahasateksprosedur
3)    Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang
       akan dilakukan
              4)    Pesertadidikmenerimamenyampaikanlingkuppenilaian,yaitusikapdanpengetahuan.

b. Kegiatan Inti(100menit)
1.    Peserta didik membaca teks prosedur tentang caraMematikan Komputer dengan Benar pada Buku Siswa (hal.91)
2.    Pesertadidikmenanyakanciribahasateksprosedur.
3.    Secara berpa sangan peserta didik membaca teks prosedur yang berbeda yang telah disediakan.
4.    Secaraperpasangan,pesertadidikmendiskusikanisi,danbahasateksprosedur.
5.    Peserta didik menyajikan hasil diskusi didepan kelas secara bergantian dan pangan lain member tanggapan atau komentar.

c. Kegiatan Penutup (10menit)
1)    Pesertadidikdifasilitasigurumembuatbutir-butirsimpulantentangteksprosedur.
2)    Pesertadidikbersama gurumelakukanidentifikasikeunggulandankelemahankegiatanpembelajaranpadahariitu.
3)    Pesertadidikmenerimapenyampaianumpanbalikdalam prosespembelajaranmengenaliteksprosedur.
4)    Pesertadidikmenerimatugasdarigurutentangtugasteksprosedurdimajalah,koran,atau dibuku.
5)    Peserta didik menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

3. Pertemuan ketiga:3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan(10menit)
1)    Peserta didik menerima peyampaikan tujuan pembelajaran membaca teks proseduri.
2)    Pesertadidikmenerimapenyamaiancakupanmateridanmenyepakatilangkah-langkahkegiatanyang akanditempuh.
3)   Peserta didik bersama guru menyepakati penilaian yang akan digunakan yaitu kinerja dengan menyepakati rubric yang akan digunakan untuk menilai.

b. Kegiatan Inti(100menit)
1)    Secara berkelompok, peserta didik membaca teks prosedur yang berbeda yang telah disediakan guru.
2)    Secara berkelompok, peserta didik mendaftar dan mendiskusikan informasi yang terdapat teks prosedur
3)    Secaraberkelompok,pesertadidikmerinciisiteksprosedur(bagiandefinisi/klasifikasi)
4)    Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok didepan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberitanggapan atau komentar.

c. Kegiatan Penutup(10menit)
1)    Pesertadidikdifasilitasigurudidikmembuatbutir-butirsimpulantentangteksprosedur
2)    Pesertadidikbersama gurumelakukanidentifikasikelebihandankekurangankegiatanpembelajaran.
3)    Pesertadidikmenerimaumpanbalikgurudalam prosesdanhasilpembelajarandengancaramemberipenguatantentangteksprosedur.
4)    PesertadidikmenerimapenyampaiankegiatanbelajaryangdikerjakansebagaiPR.
5)    Peserta didik menerima aparesiasi terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan cara yang bias memotivasi peserta didik.

H.    Penilaian
1.   Teknik Penilaian
 a.  Penilaian sikap sikap social dilakukan dengan tekniko bservasi/jurnal.
 b.  Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tekniktestulis
 c.   Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknikkinerja.


a. Istrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial


  Nama Sekolah                       :  SMP NURUL JADID PAITON
  Kelas/Semester                     :  VII/Satu
Tahun pelajaran                   : 2017/2018


No
Waktu
Nama siswa
CatatanPerilaku
ButirSikap
1




2















3




4





b. Urutan Penilaian Ketrampilan
1.    Praktek menyiapkan bahan  yang diperlukan
2.    Praktek melengkapi bahan
3.    Praktek membuat  minuman
4.    Praktek menyajikan minuman

NO
NAMA SISWA
1
2
3
4
JUMLAH NILAI
1






2






3






4








     Mengetahui                                                                         Paiton. 10 Juli 2018
     Kepala sekolah…………                                                        Guru Mata Pelajaran



AROFIK, S.Ag.                                                                           SYAMSUL ARIFIN, S. Pd.

Comments

Popular posts from this blog

ISTILAH-ISTILAH DALAM BAHASA MADURA

Nama                : Muhammad Ilham   Rahmatullah Luthfi NPM                : 120401080003 Kelas               : 2012 A Bahasa Ibu       :   Madura Kata Benda (Madura) dan terjemahannya Mejo = meja Korseh = kursi Kasor = kasur Bental = bantal Canteng = gayung Kabek = kawat Kelambih = baju Lebber = celana pendek Pereng = piring Gelles = gelas Demar = lampu Lelen = lilin Tembeh = timba Landuk = cangkul Taker = tikar Kajuh = kayu Penanggelen = kalender Betoh = batu Perreng = bambu Pakoh = paku Ledding = pisau Arek = celurit Beddung = kapak Labeng = pintu Posapoh = sapu Kata Kerja (Madura) dan terjemahannya Ngakan = makan Nginum = minum Tedung ...

Nama-Nama Organ Tubuh dalam ISTILAH Madura

Nama-Nama Organ Tubuh dalam Bahasa Madura No Istilah dalam Madura Istilah dalam Bahasa Indonesia A. Kepala 1.         Obuk Rambut 2.         Oben Uban                     3.         Obuk Reng-gerengan Rambut pirang       4.         obuk lanjeng Rambut panjang     5.         obuk kendek Rambut pendek      6.         butak Botak                             ...

RPP In On kelas 7 " Teks Prosedur " K13 rev. 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah             :   SMP Islam Ma’arif 3 Malang Mata Pelajaran :   Bahasa Indoesia Kelas/Semester:   VII/Satu Materi Pokok    :   Teks Prosedur Alokasi Waktu :   2 Pertemuan (4 JP) A.    Kompetensi Dasar dan   Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK) A. 1   Kompetensi Dasar 3.5    Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,   dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar A. 2    Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK) KD 3.5 3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar. 3.5.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri   teks   prosedur pada teks    yang   ...