RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMP NURUL JADID
Mata Pelajaran : Bahasa
Indoesia
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok : Teks
Prosedur
AlokasiWaktu : 3 Pertemuan (9 JP)
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
kegiatan membaca teks prosedur, peserta didik dapat memahami ciri umum,
struktur, kebahasaan serta penyimpulan teks prosedur.
B.
Kompetensi
Dasar
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara
melakukan sesuatu,
cara menggunakan,
dan
cara membuat
(cara
memainkan alat
musik/tarian
daerah, cara membuat
kuliner
khas
daerah, cara
membuat
cindera mata,
dll.)
dari
berbagai sumber
yang
dibaca
dan
didengar
4.5
Menyimpulkan isi teks
prosedur tentang
cara
memainkan
alat music
daerah, tarian
daerah, cara
membuat cindera mata,
dan/atau
kuliner khas daerah) yang dibaca
dan
didengar
Indikator
Pencapaian
Kompetensi (IPK)
3.5.1 Menentukanciriumumteksprosedurpadateksyangdibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftarkata/kalimatsebagaiciriteksprosedurpadateksyang dibacadidengar.
3.5.3 Menentukanjenisteksprosedurpadateksyangdibaca/didengar
4.5.1 Menjawabpertnyaaanisiteksprosedur
4.5.2 Meringkasurutanisiteksprosedur
4.5.3 Mendemonstrasikan cara melakukan
pekerjaan dari simpulan
teks yang didengar
C.
Materi Pembelajaran
1. Materi
pembelajaran
regular
a. Pengertianteksprosedur
b. Jenisteksprosedur
c. Tujuankomunikasiteksprosedur
d. Ciribahasateksprosedur
2. Materi pembelajaran pengayaan
a. Pengertianteksprosedur
b. Jenisteksprosedur
c. Tujuankomunikasiteksprosedur
d. PolaPengembanganisiteksProsedur
e. Ciri-ciri kata kerja,
katabenda,
katasambung,
urutan,
kalimat perintah, kalimat
saran,
kalimatlarangan
f. Strukturteksprosedur
g. Karakteristiktiapbagianteksprosedur
h. Prinsip penggunaan kata
kerja,
kata
benda, katasambungurutan, kalimat perintah,
kalimat saran,
kalimat larangan dalam teks
prosedur
3. Materi pembelajaran remedial
a. Pengertianteksprosedur
b. Jenisteksprosedur
c. Tujuankomunikasiteksprosedur
d. Ciri-ciribahasateksprosedur
e. Caramemahamiisiteksprosedur
D.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran
: Pendekatan Saintifik
E.
Media dan Alat
- Teks
prosedur
- Kertas HVS
F.
Sumber Belajar
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia
…Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuanpertama:3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10menit)
1) Pesertadidikdiajakmelakukangerakantubuh(senamringan)
ataspetunjukguru
2) Pesertadidikdiajakbertanyajawabtentangbentukteksprosedurdalamkehidupan sehari-
hari
3) Pesertadidikdiajaktanyajawabuntukmengatahuipenguasaankompetensi yangsudahdipelajarisebelumnya.
3) Pesertadidikdipandu
gurumengamatikompetensiyangakandicapai,yaitumenentukanciriteks prosedur
4) Peserta
didik menerima
penyampaikan
garis besar
cakupan
materi dan kegiatan yang
akan dilakukan
5) Pesertadidikmenerimapenyampaikanlingkuppenilaian
b. Kegiatan Inti (100menit)
1. Peserta
didik ditunjukkan
model teks prosedur tentang
‘‘Cara
Memainkan Angklung‘‘ pada Buku
Siswa( hal:85) dipandu
guru.
2. Pesertadidikmenanyakanhal-halyang
terkaittentangciriteksprosedur
3. Secaraberkelompokpesertadidikmembacateksprosedur‘‘CaraMembuatObatTradisional‘‘
4. Secaraberkelompok,pesertadidikmendiskusikanciridanbahasateksprosedur
5. Peserta
didik menyajikan
hasil diskusi
kelompok di
depan
kelas secara bergantian
dan
kelompok lain member
tanggapan atau
komentar.
c. Kegiatan
Penutup(10menit)
1) Pesertadidikbersama gurumenyimpulkanbutir-butirpokoktentangteksprosedur.
2) Pesertadidikbersama gurumelakukanidentifikasikeunggulandankelemahankegiatanpembelajaranpadahari itu.
3) Pesertadidikmenerimaumpanbalikdalamprosespembelajaranmengenaliteksprosedur
4) Pesertadidikmenerimatugasdarigurumencaricontohteksprosedurdimajalah,koran,atau
dibuku.
5) Pesertadidikmenerimapenyampian gurutentangkegiatanpembelajaranpertemuanberikutnyaberdasarkanpengalamanyang palingmengesankan.
2. Pertemuan kedua(3
JP )
a. KegiatanPendahuluan(10menit)
1) Peserta
didik menyampaiakan
penguasaan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnyadenganmelakukantanyajawabbersamaguru.
2) Pesertadidikmenerimakompetensiyangakandicapai,yaituciribahasateksprosedur
3) Peserta
didik menerima
penyampaian
garis
besar cakupan
materi dan kegiatan yang
akan dilakukan
4) Pesertadidikmenerimamenyampaikanlingkuppenilaian,yaitusikapdanpengetahuan.
b. Kegiatan Inti(100menit)
1. Peserta
didik membaca
teks
prosedur
tentang
cara‗ Mematikan Komputer dengan
Benar
pada Buku Siswa
(hal.91)
2. Pesertadidikmenanyakanciribahasateksprosedur.
3. Secara berpa sangan peserta didik membaca
teks prosedur yang berbeda yang
telah disediakan.
4. Secaraperpasangan,pesertadidikmendiskusikanisi,danbahasateksprosedur.
5. Peserta
didik menyajikan
hasil diskusi
didepan
kelas secara
bergantian dan pangan
lain member
tanggapan atau komentar.
c. Kegiatan
Penutup (10menit)
1) Pesertadidikdifasilitasigurumembuatbutir-butirsimpulantentangteksprosedur.
2) Pesertadidikbersama gurumelakukanidentifikasikeunggulandankelemahankegiatanpembelajaranpadahariitu.
3) Pesertadidikmenerimapenyampaianumpanbalikdalam prosespembelajaranmengenaliteksprosedur.
4) Pesertadidikmenerimatugasdarigurutentangtugasteksprosedurdimajalah,koran,atau dibuku.
5) Peserta
didik menerima
penyampaian
kegiatan
pembelajaran
pertemuan berikutnya
berdasarkan pengalaman
yang paling mengesankan.
3. Pertemuan
ketiga:3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan(10menit)
1) Peserta
didik menerima
peyampaikan tujuan
pembelajaran membaca teks
proseduri.
2) Pesertadidikmenerimapenyamaiancakupanmateridanmenyepakatilangkah-langkahkegiatanyang akanditempuh.
3) Peserta
didik bersama guru menyepakati penilaian
yang akan
digunakan yaitu
kinerja
dengan menyepakati rubric yang akan
digunakan untuk
menilai.
b. Kegiatan Inti(100menit)
1) Secara berkelompok,
peserta didik membaca
teks prosedur yang berbeda
yang telah
disediakan guru.
2) Secara berkelompok,
peserta didik mendaftar
dan mendiskusikan
informasi
yang
terdapat teks
prosedur
3) Secaraberkelompok,pesertadidikmerinciisiteksprosedur(bagiandefinisi/klasifikasi)
4) Peserta
didik
menyajikan hasil
diskusi kelompok
didepan kelas
secara
bergantian dan kelompok lain
memberitanggapan
atau komentar.
c. Kegiatan Penutup(10menit)
1) Pesertadidikdifasilitasigurudidikmembuatbutir-butirsimpulantentangteksprosedur
2) Pesertadidikbersama gurumelakukanidentifikasikelebihandankekurangankegiatanpembelajaran.
3) Pesertadidikmenerimaumpanbalikgurudalam prosesdanhasilpembelajarandengancaramemberipenguatantentangteksprosedur.
4) PesertadidikmenerimapenyampaiankegiatanbelajaryangdikerjakansebagaiPR.
5) Peserta
didik menerima
aparesiasi terhadap
hasil
kerja
kelompok
terbaik
dengan cara yang
bias memotivasi peserta didik.
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian
sikap sikap social
dilakukan
dengan tekniko bservasi/jurnal.
b. Penilaian pengetahuan dilakukan
dengan tekniktestulis
c. Penilaian
keterampilan dilakukan dengan
teknikkinerja.
a. Istrumen
jurnal
Jurnal Perkembangan
Sikap
Sosial
Nama Sekolah : SMP NURUL JADID PAITON
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran
: 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama siswa
|
CatatanPerilaku
|
ButirSikap
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
b. Urutan Penilaian Ketrampilan
1.
Praktek menyiapkan bahan yang diperlukan
2.
Praktek melengkapi bahan
3.
Praktek membuat minuman
4.
Praktek menyajikan minuman
NO
|
NAMA SISWA
|
1
|
2
|
3
|
4
|
JUMLAH NILAI
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Paiton. 10 Juli 2018
Kepala sekolah…………
Guru Mata Pelajaran
AROFIK, S.Ag. SYAMSUL ARIFIN, S. Pd.
Comments
Post a Comment