Skip to main content

CONTOH SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA

UNTUK ANTUM-ANTUM YANG MENCARI CONTOH SILABUS DAN RPP
ANE PUNYA NIH...
MOGA BERMANFAAT YA....!




RENCANA PELAKSANAAN



SILABUS PEMBELAJARAN




Sekolah                                 : SMP NU BULULAWANG

Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester                   : VIII (Delapan) /1 (Satu)

Standar Kompetensi           : Menulis

                                                  4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1    Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku

Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah

o    Mengamati beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan siste­ma­tika  surat dinas
o    Mendiskusikan penggunaan ba­hasa dalam surat dinas
o    Bertanya jawab mengenai kegiat­an sekolah yang akan dilaksana­kan
o    Menulis surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku.
o    Menyunting surat dinas
·    Mampu menentukan sistematika surat dinas
·    Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku






Tes tertulis


Tes praktik/kinerja




Uraian


Uji petik kerja



§ Tulislah   sistematika surat dinas berdasarkan contoh surat dinas tersaji!
§ Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan OSIS di ruang aula (kamu adalah ketua OSIS)!
§ Perbaikilah surat dinas yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu!
2 X 40’
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )









LANGKAH PEMBELAJARAN;
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
2.      Siswa dijelaskan mengenai :
a.       Hakikat surat dinas: pengertian dan utk apa???
b.      Bagian” surat dinas:
c.       Penggunaan bahasa dlm surat dinas
d.      Sesi tanya jawab

3.      Tiap kelompok mendapatkan tugas utk membuat surat dinas  melalui proses diskusi kelompok.
4.      Tugas dikumpulkan
5.      Dievaluasi satu peratu
6.      Penyimpulan


NAN PEMBELAJARAN

 (RPP)




Nama Sekolah    
:
SMP NU BULULAWANG      
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
VIII (Delapan)/ 1
Standar Kompetensi
:
4.   Mengungkapkan Informasi Dalam Bentuk Laporan , Surat Dinas, Dan Petunjuk
Kompetensi Dasar
:
4.2. Menulis Surat Dinas Berkenaan Dengan Kagiatan Sekolah Dengan Sistematika Yang Tepat Dan Bahasa Baku
Indikator:


A.    Mampu menentukan sistematika surat dinas
B.     Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku

Alokasi Waktu
:
1 X Pertemuan ( 2 X 40 Menit )



A.     Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat Menulis Surat dinas berkenaan dengan kagiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku



v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
B. Materi
§  Surat dinas
§  Ciri-ciri surat dinas
§  Bagian-bagian surat dinas
§  Sistematika penulisan surat dinas
§  Menyunting surat dinas

C. Metode Pembelajaran
   Pemodelan Demonstrasi
   Diskusi
   Inkuiri

 

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan pertama
1.   Kegiatan Awal
Apersepsi :
§  Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang surat menyurat
§  Peserta didik mencermati berbagai jenis surat
§  Peserta didik mengidentifikasi surat dinas dari beberapa contoh surat
Motivasi :
§  Menyebutkan manfaat surat dinas dalam kehidupan sehari-hari
2.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat Menulis Surat dinas berkenaan dengan kagiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi Peserta didik mencermati beberapa surat dinas
F  Peserta didik mendiskusikan sistematika surat dinas
F  Peserta didik mendiskusikan format dan bagian-bagian surat dinas
F  Peserta didik mendiskusikan penggunaan bahasa dalam surat dinas
F  Peserta didik mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
F  Peserta didik menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematikadan format yang tepat serta bahasa yang baku
F  Peserta didik menyunting surat dinas yang dibuat teman
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

 

E.   Sumber Belajar

§  Contoh surat-surat
§  Buku teks
§  Contoh format surat dinas
§  Buku pedoman EYD

 

F.   Penilaian 

§  Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu menentukan sistematika surat dinas
·    Mampu menulis surat dinas dengan bahasa baku






Tes tertulis


Tes praktik/kinerja




Uraian


Uji petik kerja



§ Tulislah   sistematika surat dinas berdasarkan contoh surat dinas tersaji!
§ Tulislah surat dinas kepada kepala sekolah untuk minta izin melakukan kegiatan OSIS di ruang aula (kamu adalah ketua OSIS)!
§ Perbaikilah surat dinas yang kamu tulis sesuai saran teman/gurumu!

§  Pedoman penskoran
§  Tentukan sistematika penulisansurat dinas !

Pedoman penskoran


Lengkap
Kurang lengkap
Tidak lengkap
skor 3
Skor 2
Skor 1





§  Buatlah sebuah surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan memperhatikan segi bahasa, format, dan sistematika!

Pedoman penskoran


diksi
ejaan
Tanda baca dan huruf kapital
Sistematika penulisan
Format penulisan

(1-4)
(1-4)
(1-4)
(1-4)
(1-4)








§  Suntinglah surat dinas temanmu!.

Pedoman penskoran


Sangat cermat
Cukup cermat
Kurang cermat
skor 3
Skor 2
Skor 1




Skor maksimum
No 1 : 3
No 2 :20
No 3 : 3
Jumlah: 26
Penghitungan nilai akhir:
Perolehan skor
Nilai Akhir :     x skor ideal              (100) = ..........


 
Skor maksimum                                  
Mengetahui,
Guru Pamong



(Ibu Widhi Astuti)


Malang,   02 Oktoebr 2013
Praktikan



(Sopyan Purnawirawan)

Comments

Popular posts from this blog

Nama-Nama Organ Tubuh dalam ISTILAH Madura

Nama-Nama Organ Tubuh dalam Bahasa Madura No Istilah dalam Madura Istilah dalam Bahasa Indonesia A. Kepala 1.         Obuk Rambut 2.         Oben Uban                     3.         Obuk Reng-gerengan Rambut pirang       4.         obuk lanjeng Rambut panjang     5.         obuk kendek Rambut pendek      6.         butak Botak                                 7.         pletetan Rambut bagian depan/ pelipis 8.         obuk solot Rambut kriting                   9.         obuk loros Rambut lurus                                  10.     otek Otak                                               11.     bun-bunan Ubun-ubun                                     12.     Pleseran cetak Puseran kepala            

ISTILAH-ISTILAH DALAM BAHASA MADURA

Nama                : Muhammad Ilham   Rahmatullah Luthfi NPM                : 120401080003 Kelas               : 2012 A Bahasa Ibu       :   Madura Kata Benda (Madura) dan terjemahannya Mejo = meja Korseh = kursi Kasor = kasur Bental = bantal Canteng = gayung Kabek = kawat Kelambih = baju Lebber = celana pendek Pereng = piring Gelles = gelas Demar = lampu Lelen = lilin Tembeh = timba Landuk = cangkul Taker = tikar Kajuh = kayu Penanggelen = kalender Betoh = batu Perreng = bambu Pakoh = paku Ledding = pisau Arek = celurit Beddung = kapak Labeng = pintu Posapoh = sapu Kata Kerja (Madura) dan terjemahannya Ngakan = makan Nginum = minum Tedung = tidur Tojuk = duduk Manjeng = berdiri Atole = menoleh Angabes = melihat Anangis = menangis Ara kora = mencuci piring Asa sessa = mencuci baju Anganggui = memakai Alakoh = bekerja Asapoan = menyapu Anamen = menanam