SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII
SMP NURUL JADID
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
KURIKULUM 2013
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi
Waktu
|
Teknik
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
tentang objek (sekolah, tempat wisata,
tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.1 Menentukan
isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, suasana pentas seni
daerah, dll) yang didengar dan dibaca.
|
Teks deskripsi
· Pengertian teks deskripsi
· Isi teks deskripsi
· Ciri umum teks deskripsi
· Struktur teks deskripsi
· Kaidah
kebahasaan
|
·
Mengamati
model-model teks deskripsi.
·
Merumuskan
pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
·
Mendaftar
ciri umum teks
deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
·
Mengerjakan
sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan
ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
·
Mengidentifikasi
model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan
isi dan ciri-cirinya.
|
Melalui kegiatan membaca teks deskripsi, peserta didik dapat
mendefinisikan teks deskripsi, menjelaskan isi, ciri umum berdasarkan struktur teks dan kaidah kebahasaannya
|
1. Memahami pengertian teks deskripsi
2. Memahami struktur teks deskripsi
3. Menentukan ciri-ciri teks
deskripsi berdasarkan struktur dan
kaidah kebahasaannya
4. Menentukan isi teks deskripsi baik
yang dibaca atau yang didengar
5. Menyajikan secara lisan teks
deskripsi dalam konteks membawakan acara (misalnya, panorama
wisata/jalan-jalan di TV, pengenalan
profil sekolah saat lomba lingkungan sekolah sehat, dll)
|
12 JP
|
1. Tes tulis
2. Tes praktik
|
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas
VII.
Jakarta: Kemdikbud
|
3.2 Menelaah
struktur dan kaidah kebahasaan
dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan
dibaca.
4.2
Menyajikan data,
gagasan, kesan dalam bentuk teks
deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
|
·
Struktur teks deskripsi dan
contoh-contoh telaahannya.
·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks
deskripsi
dan contoh-contoh telaahannya.
·
Prosedur/ langkah menulis
teks deskripsi.
·
Teknik penyuntingan teks
deskripsi.
|
·
Mengamati model struktur dan
kaidah-kaidah teks deskripsi.
·
Membaca teks deskripsi untuk
ditelaah struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya.
·
Menyajikan teks deskripsi
berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan.
·
Melakukan penyuntingan
terhadap teks deskripsi teman.
|
Melalui
kegiatan membaca teks deskrisi, peserta didik dapat menelaah struktur teks
deskripsi berdasarkan kaidah kebahasaannya serta menyajikan teks deskripsi
berdasarkan pengamatan terhadap suatu objek
|
1.
Menjelaskan struktur
teks deskripsi
2.
Memahami kaidah kebahasaan
teks deskripsi
3.
Menyusun teks deskripsi
berdasarkan pengamatan objek
4.
Menyunting hasil
pekerjaan teman terkait dengan tugas penyusunan teks deskripsi
|
15 JP
|
1. Tes tulis (pilihan ganda/uraian)
2. Portofolio
|
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas
VII.
Jakarta: Kemdikbud
|
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita
fantasi) yang didengar dan dibaca
|
· Pengertian dan contoh-contoh teks narasi
(cerita fantasi)
· Unsur-unsur teks cerita narasi.
·
Struktur teks narasi.
·
Kaidah kebahasaan teks
narasi.
·
Kalimat langsung dan kalimat
tidak langsung
·
Penceritaan kembali isi
teks narasi
|
·
Mengamati model-model teks
narasi.
·
Mendaftar isi, kata ganti,
konjungsi (kemudian, seketika,
tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak,
peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi
·
Mendiskusikan ciri umum teks
cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks cerita fantasi
·
Menyampaikan secara lisan
hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis
cerita fantasi, struktur cerita fantasi
·
Menceritakan kembali
dengan cara naratif
|
Melalui kegiatan menonton video teks fantasi dan
membaca teks cerita fantasi peserta didik dapat memahami pengertian teks narasi
berdasarkan unsur-unsur teks, struktur teks, aspek kebahasaan serta dapat
menceritakan kembali isi teks narasi baik melalui membaca atau mendengarkan
|
1.
Menjelaskan pengertain
teks narasi
2.
Memahami ciri-ciri teks
narasi
3.
Memahami struktur teks
narasi
4.
Memahami tujuan teks
narasi
5.
Menjelaskan isi teks
narasi
6.
Mendaftar kata
ganti/konjungsi berdasarkan teks narasi
7.
Mendaftar kelimat
langsung dan tidak langsung dari teks cerita cerita fantasi
8.
Menentukan kalimat yang
menunjukkan rincian latar dari teks cerita cerita fantasi yang di sajikan
secara tepat
9.
Menceritakan kembali
teks narasi yang pernah dibaca/didengarkan
|
12 JP
|
1.
Tes tulis
2.
Tes lisan
|
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas
VII.
Jakarta: Kemdikbud
|
3.4 Menelaah struktur dan
kebahasaan teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk
cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan
penggunaan bahasa
|
·
Struktur teks cerita fantasi
(orientasi, komplikasi, resolusi)
·
Kebahasaan teks cerita
fantasi
·
Prinsip memvariasikan teks
cerita fantasi
·
Ejaan dan tanda baca
·
Langkah-langkah menulis
cerita fantasi
|
·
Mendata struktur dan
kebahasaan teks cerita fantasi
·
Mendiskusikan prinsip
memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi,
penggunaan tanda baca/ ejaan
·
Mengurutkan
bagian-bagian cerita fantasi,
memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah
alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi
sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca
·
Mempublikasikan karya cerita
fantasi/mempresentasikan karya
|
Melalui kegiatan menonton video teks fantasi dan
membaca teks cerita fantasi, dapat mendata struktur dan
memahami prinsip memvariasikan teks fantasi serta menyusun
langkah-langkah menulis cerita fantasi dengan memperhatikan kebahasaan,
ejaan, dan tanda baca.
|
1.
Mendata struktur teks
fantasi
2.
Menvariasikan/ mengurutkan cerita fantasi
3.
Memahami langkah-langkah
menulsi cerita fantasi
4.
Menulis cerita fantasi
dengan memperhatikan kebahasaan, ejaan dan tanda baca
5.
Mempresentasikan hasil
karya
|
12 JP
|
Tes tulis
|
|
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat
(cara memainkan alat musik/ tarian
daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar
4.5 Menyimpulkan
isi teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat
(cara memainkan alat musik/ tarian
daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan
didengar yang dibaca dan didengar
|
Teks
prosedur
· Ciri umum teks prosedur
· Struktur teks:
Tujuan,
bahan, alat langkah,
·
Ciri kebahasaan:
kalimat perintah,
kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk (dengan, hingga, sampai), konjungsi
urutan (kemudian, selanjutnya, dll)
·
Simpulan isi teks prosedur
|
·
Mendaftar kalimat perintah,
saran, larangan pada teks prosedur
·
Mendaftar kalimat yang
menunjukkan tujuan, bahan, alat, langkah-langkah
·
Mendiskusikan ciri umum
teks prosedur, tujuan komunikasi, struktur, ragam/ jenis teks prosedur, kata/
kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur
·
Menyampaikan secara lisan
hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis
teks prosedur
|
Melalui kegiatan membaca teks prosedur, peserta
didik dapat memahami ciri umum, struktur, kebahasaan serta penyimpulan teks
prosedur
|
1.
Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2.
Mendaftarkata/kalimatsebagaiciriteksprosedurpadateksyang dibacadidengar.
3.
Menentukanjenisteksprosedurpadateksyangdibaca/didengar
4.
Menjawabpertnyaaanisiteksprosedur
5.
Meringkasurutanisiteksprosedur
6.
Mendemonstrasikan
cara
melakukan pekerjaan
dari
simpulan teks
yang
didengar
|
9 JP
|
1.
Tes tulis
2.
Portofolio
|
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas
VII.
Jakarta: Kemdikbud
|
3.6 Menelaah struktur dan aspek
kebahasaan teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu dan cara membuat
(cara memainkan alat musik/ tarian daerah,
cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata, dll.)
dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara
memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll)
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan
tulis
|
·
Variasi pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah
·
Variasi kalimat perintah/
saran/ larangan
·
Prinsip penyusunan kalimat
perintah
·
Pilihan kata dalam penyusunan teks prosedur
·
Prinsip penggunaan kata/
kalimat/ tanda baca dan ejaan
|
·
Mendata jenis-jenis dan
variasi pola penyajian tujuan, bahan
dan alat, langkah teks prosedur
·
Menyusun teks prosedur dengan
memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
• Menyunting dan memperbaiki teks prosedur
yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan
tanda baca/ ejaan
• Memublikasikan teks prosedur yang dibuat
|
Melalui kegiatan membaca teks prosedur, peserta
didik dapat mendata jenis-jenis dan variasi pola tujuan, bahan alat dan
langkah menulis teks prosedur serta menyusun teks prosedur dengan memperhatikan
unsur kebahasaan dan isi
|
1.
Mendata jenis dan
variasi pola tujuan, bahan, alat dan langkah-langkah menulis teks prosedur
2.
Menyusun teks prosedur
dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan isi
3.
Memperbaiki teks
prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/kalimat serta penggunaan
tanda baca
|
12 JP
|
1.
Tes tulis
2.
Portofolio
|
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas
VII.
Jakarta: Kemdikbud
|
3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa
buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan
4.7 Menyimpulkan isi teks laporan
hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
|
Teks laporan hasil
observasi
·
Daftar informasi isi teks
laporan hasil observasi (LHO)
·
Penggunaan bahasa dalam
laporan hasil observasi
·
Ciri umum laporan
|
·
Mendaftar dan mendiskusikan
informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat
rincian dalam teks laporan observasi.
·
Merinci isi teks LHO (bagian definisi/ klasifikasi,
deskripsi bagian, penegasan)
·
Menyajikan hasil diskusi
tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO
·
Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi
|
Melalui membaca dan mengamati tayangan slide,
peserta didik dapat memahami definisi, isi, struktur, aspek kebahasaan, serta
menyimpulkan isi teks laroran hasil observasi
|
1.
Menentukan
ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi
2.
Mengidentifikasi
ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
3.
Menentukan
gagasan pokok pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi.
4.
Menentukan
informasi penting pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi.
5.
Menyimpulkan
isi teks laporan hasil observasi yang dibaca
|
12 JP
|
1.
Tes tulis
2.
Tes lisan
3.
Portofolio
|
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas
VII.
Jakarta: Kemdikbud
|
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan
yang dibaca atau diperdengarkan
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi yang
berupa buku pengetahuan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan
kaidah kebahasaan atau aspek lisan
|
·
Struktur teks LHO
·
Variasi pola penyajian teks LHO
·
Variasi kalimat definisi, variasi pola penyajian teks LHO
|
·
Mendiskusikan struktur,
kebahasaan, da nisi teks LHO
·
Mendata jenis-jenis dan
variasi pola penyajian definisi,
klasifikasi, deskripsi bagian
·
Merangkum teks LHO
·
Mempresentasikan teks LHO
yang ditulis
|
Melalui membaca dan mengamati tayangan slide,
peserta didik dapat menentukan struktur, memvariasi penyajian teks LHO,
merangkum teks, menyusun teks LHO serta mempresentasikannya
|
1.
Menentukan struktur teks
LHO
2.
Menentukasi isi teks LHO
3.
Memvariasi penyajian
teks LHO
4.
Menyusun teks LHO
5.
Mempresentasikan teks
LHO
|
12 JP
|
|
|
Paiton, 10 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
AROFIK, S.Ag. SYAMSUL
ARIFIN, S.Pd.
Comments
Post a Comment