Skip to main content

SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII



SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS VII
SMP NURUL JADID
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
KURIKULUM 2013

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Indikator
Alokasi Waktu
Teknik Penilaian
Sumber
Belajar
3.1   Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

4.1   Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata,  tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll)  yang didengar dan dibaca.

Teks  deskripsi
·   Pengertian teks deskripsi
·   Isi teks deskripsi
·   Ciri umum teks deskripsi
·   Struktur teks deskripsi
·   Kaidah kebahasaan

·      Mengamati model-model teks deskripsi.
·      Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
·      Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
·      Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
·      Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya.





Melalui kegiatan membaca teks deskripsi, peserta didik dapat mendefinisikan teks deskripsi, menjelaskan isi, ciri umum berdasarkan  struktur teks dan kaidah kebahasaannya
1.    Memahami pengertian teks deskripsi
2.    Memahami struktur teks deskripsi
3.    Menentukan ciri-ciri teks deskripsi  berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya
4.    Menentukan isi teks deskripsi baik yang dibaca atau yang didengar
5.    Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks membawakan acara (misalnya, panorama wisata/jalan-jalan  di TV, pengenalan profil sekolah saat lomba lingkungan sekolah sehat, dll)


12 JP
1.    Tes tulis
2.    Tes praktik
Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
3.2   Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.
4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
·   Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
·   Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
·   Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi.
·   Teknik penyuntingan teks deskripsi.

·         Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi.
·      Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya.
·      Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan.
·      Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman.

Melalui kegiatan membaca teks deskrisi, peserta didik dapat menelaah struktur teks deskripsi berdasarkan kaidah kebahasaannya serta menyajikan teks deskripsi berdasarkan pengamatan terhadap suatu objek
1.    Menjelaskan struktur teks deskripsi
2.    Memahami kaidah kebahasaan teks deskripsi
3.    Menyusun teks deskripsi berdasarkan pengamatan objek
4.    Menyunting hasil pekerjaan teman terkait dengan tugas penyusunan teks deskripsi
15 JP
1.    Tes tulis (pilihan ganda/uraian)
2.    Portofolio
Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
3.3   Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3   Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca



·   Pengertian dan contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)
·   Unsur-unsur teks cerita narasi.
·   Struktur teks narasi.
·   Kaidah kebahasaan teks narasi.
·   Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
·   Penceritaan kembali isi teks narasi
·         Mengamati model-model teks narasi.
·         Mendaftar isi, kata ganti, konjungsi  (kemudian, seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak, peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi
·         Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks  cerita fantasi
·         Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi
·         Menceritakan kembali dengan cara naratif

Melalui kegiatan menonton video teks fantasi dan membaca teks cerita fantasi peserta didik dapat memahami pengertian teks narasi berdasarkan unsur-unsur teks, struktur teks, aspek kebahasaan serta dapat menceritakan kembali isi teks narasi baik melalui membaca atau mendengarkan
1.    Menjelaskan pengertain teks narasi
2.    Memahami ciri-ciri teks narasi
3.    Memahami struktur teks narasi
4.    Memahami tujuan teks narasi
5.    Menjelaskan isi teks narasi
6.    Mendaftar kata ganti/konjungsi berdasarkan teks narasi
7.    Mendaftar kelimat langsung dan tidak langsung dari teks cerita cerita fantasi
8.    Menentukan kalimat yang menunjukkan rincian latar dari teks cerita cerita fantasi yang di sajikan secara tepat
9.    Menceritakan kembali teks narasi yang pernah dibaca/didengarkan
12 JP
1.    Tes tulis
2.    Tes lisan
Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
3.4  Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi)  yang dibaca dan didengar
4.4     Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
·   Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
·   Kebahasaan teks cerita fantasi
·   Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi
·   Ejaan dan tanda baca
·   Langkah-langkah menulis cerita fantasi
·         Mendata struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi
·         Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ ejaan
·         Mengurutkan bagian-bagian  cerita fantasi, memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca
·         Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan   karya

Melalui kegiatan menonton video teks fantasi dan membaca teks cerita fantasi, dapat mendata struktur  dan  memahami prinsip memvariasikan teks fantasi serta menyusun langkah-langkah menulis cerita fantasi dengan memperhatikan kebahasaan, ejaan, dan tanda baca.
1.    Mendata struktur teks fantasi
2.    Menvariasikan/ mengurutkan  cerita fantasi
3.    Memahami langkah-langkah menulsi cerita fantasi
4.    Menulis cerita fantasi dengan memperhatikan kebahasaan, ejaan dan tanda baca
5.    Mempresentasikan hasil karya
12 JP
Tes tulis

3.5   Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.5   Menyimpulkan  isi teks  prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar 

Teks prosedur
·   Ciri umum teks  prosedur
·   Struktur teks:
Tujuan, bahan, alat langkah, 
·   Ciri kebahasaan:
   kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk  (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan  (kemudian, selanjutnya, dll)
·   Simpulan isi teks prosedur
·         Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur
·         Mendaftar kalimat yang menunjukkan  tujuan, bahan, alat,  langkah-langkah
·         Mendiskusikan ciri umum teks  prosedur, tujuan komunikasi,  struktur, ragam/ jenis teks prosedur, kata/ kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur
·         Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis teks prosedur
Melalui kegiatan membaca teks prosedur, peserta didik dapat memahami ciri umum, struktur, kebahasaan serta penyimpulan teks prosedur
1.    Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2.    Mendaftarkata/kalimatsebagaiciriteksprosedurpadateksyang dibacadidengar.
3.    Menentukanjenisteksprosedurpadateksyangdibaca/didengar
4.    Menjawabpertnyaaanisiteksprosedur
5.    Meringkasurutanisiteksprosedur
6.    Mendemonstrasikan cara melakukan pekerjaan dari simpulan teks yang didengar


9 JP
1.    Tes tulis
2.    Portofolio
Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
3.6  Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata,  dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

4.6  Menyajikan  data rangkaian kegiatan  ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis

·   Variasi  pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah
·   Variasi kalimat perintah/ saran/ larangan
·   Prinsip penyusunan kalimat perintah
·   Pilihan kata dalam   penyusunan teks prosedur
·   Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
·         Mendata jenis-jenis dan variasi  pola penyajian tujuan, bahan dan alat, langkah teks prosedur
·         Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
   Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan tanda baca/ ejaan
   Memublikasikan teks prosedur yang dibuat

Melalui kegiatan membaca teks prosedur, peserta didik dapat mendata jenis-jenis dan variasi pola tujuan, bahan alat dan langkah menulis teks prosedur serta menyusun teks prosedur dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan isi
1.    Mendata jenis dan variasi pola tujuan, bahan, alat dan langkah-langkah menulis teks prosedur
2.    Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan isi
3.    Memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/kalimat serta penggunaan tanda baca
12 JP
1.    Tes tulis
2.    Portofolio
Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
3.7   Mengidentifikasi informasi dari   teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan  yang dibaca atau diperdengarkan
4.7  Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa  buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
Teks laporan hasil observasi
·   Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO)
·   Penggunaan bahasa dalam laporan hasil observasi
·   Ciri umum laporan
·      Mendaftar dan mendiskusikan informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian  dalam teks laporan observasi.
·      Merinci isi  teks LHO (bagian definisi/ klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan)
·      Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO
·      Menyimpulkan isi  teks laporan hasil observasi
Melalui membaca dan mengamati tayangan slide, peserta didik dapat memahami definisi, isi, struktur, aspek kebahasaan, serta menyimpulkan isi teks laroran hasil observasi
1.    Menentukan ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi
2.    Mengidentifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
3.    Menentukan gagasan pokok pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi.
4.    Menentukan informasi penting pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi.
5.    Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang dibaca

12 JP
1.    Tes tulis
2.    Tes lisan
3.    Portofolio

Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
3.8  Menelaah  struktur, kebahasaan, dan isi   teks laporan hasil observasi yang berupa buku  pengetahuan  yang dibaca atau diperdengarkan
4.8  Menyajikan  rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
·   Struktur teks LHO
·   Variasi  pola penyajian  teks LHO
·   Variasi kalimat  definisi, variasi pola penyajian teks LHO

·      Mendiskusikan struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO
·      Mendata jenis-jenis dan variasi  pola penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian
·      Merangkum teks LHO
·      Mempresentasikan teks LHO yang ditulis


Melalui membaca dan mengamati tayangan slide, peserta didik dapat menentukan struktur, memvariasi penyajian teks LHO, merangkum teks, menyusun teks LHO serta mempresentasikannya
1.    Menentukan struktur teks LHO
2.    Menentukasi isi teks LHO
3.    Memvariasi penyajian teks LHO
4.    Menyusun teks LHO
5.    Mempresentasikan teks LHO
12 JP





Paiton, 10 Juli 2017
Mengetahui,                                                         
Kepala Sekolah                                                                                                                                            Guru Mata Pelajaran




AROFIK, S.Ag.                                                                                                                                             SYAMSUL ARIFIN, S.Pd.
         

Comments

Popular posts from this blog

Nama-Nama Organ Tubuh dalam ISTILAH Madura

Nama-Nama Organ Tubuh dalam Bahasa Madura No Istilah dalam Madura Istilah dalam Bahasa Indonesia A. Kepala 1.         Obuk Rambut 2.         Oben Uban                     3.         Obuk Reng-gerengan Rambut pirang       4.         obuk lanjeng Rambut panjang     5.         obuk kendek Rambut pendek      6.         butak Botak                                 7.         pletetan Rambut bagian depan/ pelipis 8.         obuk solot Rambut kriting                   9.         obuk loros Rambut lurus                                  10.     otek Otak                                               11.     bun-bunan Ubun-ubun                                     12.     Pleseran cetak Puseran kepala            

ISTILAH-ISTILAH DALAM BAHASA MADURA

Nama                : Muhammad Ilham   Rahmatullah Luthfi NPM                : 120401080003 Kelas               : 2012 A Bahasa Ibu       :   Madura Kata Benda (Madura) dan terjemahannya Mejo = meja Korseh = kursi Kasor = kasur Bental = bantal Canteng = gayung Kabek = kawat Kelambih = baju Lebber = celana pendek Pereng = piring Gelles = gelas Demar = lampu Lelen = lilin Tembeh = timba Landuk = cangkul Taker = tikar Kajuh = kayu Penanggelen = kalender Betoh = batu Perreng = bambu Pakoh = paku Ledding = pisau Arek = celurit Beddung = kapak Labeng = pintu Posapoh = sapu Kata Kerja (Madura) dan terjemahannya Ngakan = makan Nginum = minum Tedung = tidur Tojuk = duduk Manjeng = berdiri Atole = menoleh Angabes = melihat Anangis = menangis Ara kora = mencuci piring Asa sessa = mencuci baju Anganggui = memakai Alakoh = bekerja Asapoan = menyapu Anamen = menanam

CONTOH SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA

UNTUK ANTUM-ANTUM YANG MENCARI CONTOH SILABUS DAN RPP ANE PUNYA NIH... MOGA BERMANFAAT YA....! RENCANA PELAKSANAAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah                                  : SMP NU BULULAWANG Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia Kelas/Semester                    : VIII (Delapan) /1 (Satu) Standar Kompetensi            : Menulis                                                    4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Penilaian Bentuk   Instrumen Contoh Instrumen 4.1     Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan se