Skip to main content

Contoh RPP Teks Laporan Hasil Observasi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  :  SMP NURUL JADID
Mata Pelajaran                       :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester                     :  VII/Satu
Materi Pokok                         :  Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu                       :  4 Pertemuan (12 JP)
 

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui membaca dan mengamati tayangan slide, peserta didik dapat memahami definisi, isi, struktur, aspek kebahasaan, serta menyimpulkan isi teks laroran hasil observasi

B.    Kompetensi Dasar
3.7  Mengidentifikasi informasi dari   teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
4.7  Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang  
       dibaca dan didengar.

Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK)
3.7.1  Menentukan ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi
3.7.2  Mengidentifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
4.7.1    Menentukan gagasan pokok pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi.
4.7.2    Menentukan informasi penting pada setiap paragraf teks laporan hasil observasi.
4.7.3    Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang dibaca

C.    Materi Pembelajaran 
1.    Materi pembelajaran reguler
a.    Teks laporan hasil observasi
b.    Ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi
c.     Ciri bahasa teks laporan hasil observasi
d.    Langkah-langkah penentuan gagasan pokok paragraf pada teks laporan hasil observasi
e.     Langkah-langkah penentuan informasi penting dalam paragraf teks laporan hasil observasi.
f.      Langkah-langkah menyimpulkan gagasan pokok teks laporan hasil observasi

2.    Materi pembelajaran pengayaan
a.    Teks laporan hasil observasi
b.    Ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi
c.     Ciri bahasa teks laporan hasil observasi
d.    Langkah-langkah penentuan gagasan pokok paragraf pada teks laporan hasil observasi
e.     Langkah-langkah penentuan informasi penting dalam paragraf teks laporan hasil observasi.
f.      Langkah-langkah menyimpulkan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
g.     Ragam teks laporan hasil observasi
h.    Informasi dalam teks laporan hasil observasi

3.    Materi pembelajaran remedial
a.    Teks laporan hasil observasi
b.    Ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi
c.     Ciri bahasa teks laporan hasil observasi
d.    Langkah-langkah penentuan gagasan pokok paragraf pada teks laporan hasil observasi
e.     Langkah-langkah penentuan informasi penting dalam paragraf teks laporan hasil observasi.
f.      Langkah-langkah menyimpulkan gagasan pokok teks laporan hasil observasi

D.    Metode pembelajaran
Metode pembelajaran : pendekatan saintifik

E.    Media /alat pembelajaran
1.       Media
a. Teks laporan hasil observasi rumpang
b. Pias kata/kalimat
2.       Alat
a.    Kertas manila 5 lembar
b.    Kertas post it 5 warna
c.     Kertas hvs sejumlah siswa
d.    LCD proyektor
F.    Sumber Belajar
a.    Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b.     Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.     Permendiknas No. 50  Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik secara berantai membaca puisi berjudul Ilmu-Mu ( hal : 124)
2)     Peserta didik mengamati gambar keindahan  hutan mangrove dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
3)    Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3)    Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.    Peserta didik ditunjukkan model teks laporan hasil observasi tentang “Hutan Mangrove
dipandu guru.
2.    Peserta didik menanyakan hal-hal yang terkait tentang ciri teks; perbedaan  tanggapan deskripsi dengan teks laporan hasil observasi.
3.    Secara berkelompok peserta didik membaca teks laporan hasil observasi yang berbeda yang telah disediakan.
4.    Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri tujuan dan  isi , dan bahasa teks laporan hasil  observasi.
5.    Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik bersama guru menyimpulkan   butir-butir pokok tentang laporan hasil observasi.
2)     Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)     Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks laporan hasil observasi.
4)     Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh teks laporan hasil observasi di majalah, koran, atau di buku.
5)     Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

2.               Pertemuan kedua (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik menyampaiakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2)    Peserta didik menerima kompetensi yang akan dicapai, yaitu ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penyampaian  garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap dan pengetahuan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.      Peserta didik ditunukkan oleh guru model teks laporan hasil observasi tentang hutan mangrove hal : 127.
2.      Peserta didik menanyakan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
3.      Secara berpasangan peserta didik membaca teks laporan hasil observasi yang berbeda yang telah disediakan.
4.      Secara perpasangan, peserta didik mendiskusikan ciri tujuan dan  isi , dan bahasa teks laporan hasil  observasi.
5.      Peserta didik menyajikan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian dan pangan lain memberi tanggapan atau komentar.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang lapporan hasil observasi.
2)     Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)     Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks laporan hasil observasi.
4)     Peserta didik menerima tugas dari guru tentang  tugas teks laporan hasil observasi di majalah, koran, atau di buku.
5)     Peserta didik menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

3.  Pertemuan ketiga: 3 JP
a.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Peserta didik diajak guru  mengamati keunikan dan keindahan fauna melalui tayangan video.
2)   Peserta didik mengajak guru merenungkan keagungan Tuhan melalui ciptaan-Nya dan mengajak peserta didik untuk mencintai dan menjaga kelestarian flora dan fauna Indonesia.
3)   Peserta didik menerima peyampaikan tujuan pembelajaran membaca teks laporan hasil opservasi.
4)   Peserta didik menerima penyamaian cakupan materi dan menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh.
5)   Peserta didik bersama guru menyepakati penilaian yang akan digunakan yaitu kinerja dengan menyepakati rubrik  yang akan digunakan untuk menilai.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)      Secara berkelompok, peserta didik membaca teks hasil observasi yang berbeda yang telah disediakan guru.
2)      Secara berkelompok, peserta didik mendaftar dan mendiskusikan informasi alam teks laporan hasil observasi.
3)    Secara berkelompok, peserta didik merinci isi teks laporan hasil observasi  (bagian definisi/ klasifikasi laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.   Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik difasilitasi guru didik membuat butir-butir simpulan tentang teks laporan hasil observasi
2)     Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.
3)     Peserta didik menerima umpan balikguru dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang  teks laporan hasil observasi.
4)     Peserta didik menerima penyampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu menentukan  gagasan pokok pada teks laporan hasil observasi yang terdapat pada buku siswa
5)     Peserta didik menerima  aparesiasi terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan cara yang bisa memotivasi peserta didik.

3.  Pertemuan keempat (3 JP)
a.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
    1)     Peserta didik dipandu guru bertanya jawab  tentang kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
2)    Peserta didik menerima penyampaian  kompetensi yang akan dicapai, yaitu ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
    5)     Peserta didik bersama guru menentukan penilaian yang akan digunakan yaitu kinerja dengan menyepakati rubrik  yang akan digunakan untuk menilai.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.      Peserta didik membaca teks hasil observasi berjudul “Kunang-kunang”  hal : 134  yang terdapat pada buku siswa.
2.    Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan   gagasan pokok setiap paragraf  pada teks laporan hasil observasi yang dibaca.
3.    Secara berkelompok, peserta didik menemukan informasi-informasi penting yang terdapat pada teks laporan observasi yang dibaca.
4.    Peserta didik menyimpulkan isi  teks laporan hasil observasi.
5.    Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.   Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan
2)     Peserta didik bersama-sama guru didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.
3)     Peserta didik menerima  umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang  teks laporan hasil observasi.
4)     Peserta didik menerima penyampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang terdapat pada LKS..
5)     Peserta didik menrima  aparesiasi dar guru hasil kerja kelompok terbaik dengan cara yang bisa memotivasi peserta didik.

H.   Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.     Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.    Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a.       Instrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NURUL JADID
Kelas/Semester     : VII/Satu
Tahun pelajaran    : 2017/2018
‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.
21/9/17


Alfa Geodesi
·       menyampaikan usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks laporan hasil observasi.
Peduli
2
dst.




a.      Istrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah             : SMP NURUL JADID
Kelas/Semester           : VII/Satu
Tahun pelajaran          : 2016/2017
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1
22/09/18
Reka Almira
·         tiga kali tidak mengerjakan tugas bahasa indonesia
tidak bertanggung jawab











dst






b. Instrumen Uraian
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!


KUNANG-KUNANG

1. Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di seluruh dunia.
2. Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab, seperti rawa- rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan. Pekuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu merupakan lokasi ideal perteluran kunang-kunang. Pada umumnya, kunang-kunang keluar pada malam hari, namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya tidak mengeluarkan cahaya.
3. Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan kunang-kunang dibagi menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen).  Serangga bercangkang keras (exoskeleton) untuk menutupi tubuhnya. Panjang badannya sekitar 2 cm. Bagian tubuh kunang-kunang  hampir seluruhnya berwarna gelap dan berwarna titik merah pada 138 Kelas VII SMP/MTs bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, berkaki enam, dan bermata majemuk. Jenis kunang-kunang beragam. Pemeliharaan kunag-kunang dapat dilakukan dengan penangkaran. Dari sejarah asalnya, kunang-kunang berasal dari daratan Cina
4. Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing, atau serangga. Bahkan kunang-kunang  memangsa jenisnya sendiri. Kunang-kunang betina  sengaja berkelap-kelip seakan mengudang jenis pejantan. Setelah pejantan mendekat, sang betina memangsanya. Makanan bagi hewan penting untuk pertumbuhan. Dengan makanan pertumbuhan akan maksimal. Asupan yang maksimal dapat memberikan kebugaran bagi mahluk hidup.
5. Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya ini dipergunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kuang-kunang tidak enak dimakan dan untuk menarik pasangannya. Keahlian mempertontonkan cahaya tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa, bahkan larva. Kunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. Species kunang-kunang juga kekayaan yang dianugerahkan kepada negara kita sebagai salah satu negara tropis.

Instrumen Penilaian :
1.   Tentukanlah ciri, tujuan, isi,dan bahasa laporan hasil observasi !
2.   Tentukan informasi   isi, kalimat definisi,  kalimat untuk    klasifikasi, kalimat    rincian  dalam     teks   laporan hasil   observasi!
3.   Tentukan laporan hasil observasi    gagasan utama masing-masing  paragraf!
4.   Simpulkanlah teks laporan   hasil observasi!





                  
Rubrik Penskoran kinerja
No.
Aspek yang Dinilai
Skor

1



Benar ketiga unsur ciri ( tujuan, isi, bahasa)
Benar dua unsur ciri
Benar satu unsur ciri
    3
    2
    1
3
2
Benar menentukan informasi isi
Benar klasifikasi
Kalimat rinci
    1
    1
    1
3
3
Benar mengungkapkan  bagian difinisi
Benar mengungkapkan  bagian klasifikasi
Benar mengungkapkan deskripsi bagian
    2
    2
    2
6
4
Benar mengungkapkan ide pokok masing-masing paragraf   paragraph
0-4
4
Menentukan gagasan utama

0-4

4
Skor maksimum

20

5.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.   Pembelajaran Remedial
    Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·         Pembelajaran ulang Menulis bersama bagian-bagian teks laporan hasil observasi.
·         Bimbingan perorangan
Penentuan gagasan utama
Penentuan gagasan penunjang
Penentuan gagasan utama

b.      Pembelajaran Pengayaan
   Menyimpulkan  teks laporan hasil observasi



     Mengetahui                                                                          Paiton. 10 Juli 2018
     Kepala sekolah…………                                                        Guru Mata Pelajaran




AROFIK, S.Ag.                                                                          SYAMSUL ARIFIN, S. Pd.

Comments

Popular posts from this blog

Nama-Nama Organ Tubuh dalam ISTILAH Madura

Nama-Nama Organ Tubuh dalam Bahasa Madura No Istilah dalam Madura Istilah dalam Bahasa Indonesia A. Kepala 1.         Obuk Rambut 2.         Oben Uban                     3.         Obuk Reng-gerengan Rambut pirang       4.         obuk lanjeng Rambut panjang     5.         obuk kendek Rambut pendek      6.         butak Botak                                 7.         pletetan Rambut bagian depan/ pelipis 8.         obuk solot Rambut kriting                   9.         obuk loros Rambut lurus                                  10.     otek Otak                                               11.     bun-bunan Ubun-ubun                                     12.     Pleseran cetak Puseran kepala            

ISTILAH-ISTILAH DALAM BAHASA MADURA

Nama                : Muhammad Ilham   Rahmatullah Luthfi NPM                : 120401080003 Kelas               : 2012 A Bahasa Ibu       :   Madura Kata Benda (Madura) dan terjemahannya Mejo = meja Korseh = kursi Kasor = kasur Bental = bantal Canteng = gayung Kabek = kawat Kelambih = baju Lebber = celana pendek Pereng = piring Gelles = gelas Demar = lampu Lelen = lilin Tembeh = timba Landuk = cangkul Taker = tikar Kajuh = kayu Penanggelen = kalender Betoh = batu Perreng = bambu Pakoh = paku Ledding = pisau Arek = celurit Beddung = kapak Labeng = pintu Posapoh = sapu Kata Kerja (Madura) dan terjemahannya Ngakan = makan Nginum = minum Tedung = tidur Tojuk = duduk Manjeng = berdiri Atole = menoleh Angabes = melihat Anangis = menangis Ara kora = mencuci piring Asa sessa = mencuci baju Anganggui = memakai Alakoh = bekerja Asapoan = menyapu Anamen = menanam

CONTOH SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA

UNTUK ANTUM-ANTUM YANG MENCARI CONTOH SILABUS DAN RPP ANE PUNYA NIH... MOGA BERMANFAAT YA....! RENCANA PELAKSANAAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah                                  : SMP NU BULULAWANG Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia Kelas/Semester                    : VIII (Delapan) /1 (Satu) Standar Kompetensi            : Menulis                                                    4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Penilaian Bentuk   Instrumen Contoh Instrumen 4.1     Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan se