RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP NURUL JADID
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Satu
Materi Pokok :
Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (12 JP)
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
membaca teks deskripsi, peserta didik dapat mendefinisikan teks deskripsi,
menjelaskan isi, ciri umum berdasarkan
struktur teks dan kaidah kebahasaannya
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Mengidentifikasi informasi
dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.1 Menentukan isi teks
deskripsi objek (tempat
wisata, tempat bersejarah, pentas seni
daerah, kain tradisional, dll) yang didengar
dan dibaca
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Memahami pengertian
teks deskripsi
3.1.2 Memahami struktur
teks deskripsi
3.1.3 Menentukan
ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan
struktur dan kaidah kebahasaannya
4.1.1 Menentukan
isi teks deskripsi baik yang dibaca atau yang didengar
4.1.2 Menyajikan
secara lisan teks deskripsi dalam konteks membawakan acara (misalnya, panorama
wisata/jalan-jalan di TV, pengenalan
profil sekolah saat lomba lingkungan sekolah sehat, dll)
C.
Materi
Pembelajaran
1. Materi
pembelajaran reguler
·
Teks deskripsi
·
Struktur teks dekripsi
·
Ciri-ciri teks deskripsi
·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi
2. Materi
remidial
·
Teks deskripsi
·
Struktur teks dekripsi
·
Ciri-ciri teks deskripsi
·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi
3. Materi
pengayaan
·
Teks deskripsi
·
Struktur teks dekripsi
·
Ciri-ciri teks deskripsi
·
Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi
D.
Metode
Metode pembelajaran :
Pendekatan Saintifik
E.
Media/Alat
1. Media/alat
a. Teks
deskripsi
b. Tayangan
video/gambar teks deskripsi
2. Bahan
Kertas hvs sejumlah siswa
F.
Sumber Belajar
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia
…Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
G.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
pertama: 3 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1. Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik
2. Guru
meminta salah satu peserta didik untuk mendeskripsikan salah satu anggota
keluarga yang paling disayangi
3. Peserta
didik diperlihatkan beberapa contoh gambar pemandangan
4. Peserta
didik bersama guru bertanya jawab tentang maksud dan kaitan gambar tersebut
dengan materi yang akan dipelajari
5. Peserta
didik menerima informasi tentang indicator pencapaian kompetensi dan target
lingkup penilaian pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1. Peserta
didik dibagi dalam beberapa kelompok, masing- masing kelompok diberikan teks
deskripsi
2. Masing-masing
kelompok membaca dan mencermati teks deskripsi yang diberikan guru
3. Masing-masing kelompok menggali informasi dan mendiskusikan
tentang definisi dan struktur teks deskripsi
4. Masing-masing
kelompok menuliskan hasil diskusinya ke buku tugas masing-masing
5. Perwakilan
setiap kelompokmembacakan hasil diskusinya untuk ditanggapi oleh kelompok lain
6. Masing-masing
kelompok memberikan tanggapan terhadap hasil pekerjaan kelompok lain
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru
menyimpulkan butir-butir pokok tentang teks
deskripsi.
2) Peserta didik bersama guru melakukan
identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima umpan balik dalam
proses pembelajaran mengenali teks laporan hasil observasi.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru
mencari contoh teks teks deskripsi di majalah, koran, atau di buku.
5) Peserta didik menerima penyampian guru
tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang
paling mengesankan.
2. Pertemuan kedua (3 JP )
a.
Kegiatan Pendahuluan (20menit)
1) Untuk
menggugah semangat peserta didik, guru memberi sebuah game (permainan)
2) Peserta
didik menyampaiakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
3) Peserta didik
menerima informasi indikator pencapaian
kompetensi
4) Peserta
didik menerima penyampaian garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Peserta didik secara berkelompok mendapat teks
deskripsi dari guru
2.
Peserta didik bersama kelompok membaca dan
mencermati teks yang dibaca
3.
Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan isi
dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kebahasaannya
4.
Peserta didik menulis hasil diskusi ke dalam buku
tugas dipandu oleh guru
5. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian
dan kelompok lain memberi tanggapan/komentar
c. Kegiatan Penutup (15 menit)
1) Peserta didik bersama guru bertanya jawab
tentang keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
2)
Peserta didik menerima kesimpulan
secara garis besar tentang materi pembelajaran pada pertemuan ini.
3) Peserta didik menerima penguatan tentang
manfaat pembelajaran tentang teks deskripsi.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru
untuk mencari teks deskripsi kemuadian menentukan isi dan ciri-cirinya
5) Peserta didik menerima informasi tentang
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
3. Pertemuan ketiga (3 JP )
a.
Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1) Untuk
menggugah semangat peserta didik, guru memberi sebuah game (permainan) puisi
berantai
2) Guru
menanyakan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari pada
pertemuan sebelumnya.
3) Peserta
didik menerima informasi indikator
pencapaian kompetensi
4) Peserta
didik menerima penyampaian garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1.
Peserta didik menyaksikan beberapa tayangan/gambar
yang disajikan oleh guru
2.
Peserta didik dengan antusias menyaksikan
tayangan/gambar yang disajikan guru
3.
Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok
4.
Secara diundi peserta didik menerima satu dari beberapa
objek yang ditayangkan tersebut
5.
Peserta didik besama kelompok mendiskusikan isi
dan memberi pembuktian terhadap salah satu dari objek yang didiskusikan
6.
Peserta didik menulis hasil diskusi ke dalam buku
tugas dipandu oleh guru
7. Peserta
didik membaca hasil diskusi kelompok dengan dikoreksi oleh kelompok lain
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru bertanya jawab
tentang keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
2)
Peserta didik menerima kesimpulan
secara garis besar tentang materi pembelajaran pada pertemuan ini.
3) Peserta didik menerima penguatan tentang
manfaat pembelajaran tentang teks deskripsi.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru
untuk mencari teks deskripsi kemuadian menentukan isi dan ciri-cirinya
5) Peserta didik menerima informasi tentang
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
4. Pertemuan keempat (3 JP )
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta
didik menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2) Peserta didik
menerima kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
3) Peserta
didik menerima penyampaian garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
4) Peserta
didik menerima informasi dan target lingkup penilaianpembelajaran.
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
1.
Guru mempertontonkan kepada peserta didik tayangan
tentang pendeskripsian suatu objek oleh seorang pembawa acara
2.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang
maksud dan isi objek yang dideskripsikan oleh pembawa acara tersebut
3.
Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok
4.
Peserta didik bersama kelompok diminta untuk
menentukan objek yang paling menarik yang ada di Pondok Pesantren Nurul Jadid
untuk dideskripsikan
5.
Peserta didik besama kelompok menulis objek yang
dipilih untuk dideskripsikan dengan memperhatian struktur dan kebahasaan
penyusunan teks deskripsi
6.
Peserta didik layaknya sebagai pembawa acara dalam
tayangan TV menyampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas
7. Peserta
didik pada kelompok lain mencatat kelebihan dan kekurangan untuk disampaikan
sebagai tanggapan
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru bertanya jawab
tentang keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
2)
Peserta didik menerima kesimpulan
secara garis besar tentang materi pembelajaran pada pertemuan ini.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru
untuk mencari teks deskripsi kemuadian menentukan isi dan ciri-cirinya
5) Peserta didik menerima informasi tentang
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
H.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
b. Penilaian
sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
c. Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
d. Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen
Penilaian
a. Instrumen
jurnal (Penilaian sikap)
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah :
SMP NURUL JADID
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
10/07/17
|
Ari
Santoso
|
·
Menyampaikan usulan konstruktif dalam diskusi membangun
konsep teks deskripsi.
|
Peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah :
SMP NURUL JADID
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
10/07/17
|
Sandika
|
·
Tiga kali tidak mengerjakan tugas bahasa indonesia
|
Tidak
bertanggung jawab
|
dst
|
|
|
|
|
b.
Instrumen Teknik Tes Tertulis (Pengetahuan dan
Keterampilan)
Bacalah
teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
Parangtritis nan Indah
Salah satu andalan
wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai
Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek,
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pantai ini terletak
sekitar 27 km
arah selatan Yokyakarta.
Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di
sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa
melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang
datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan
kombinasi hijau sungguh elok.
Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore
hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.
Lukisan alam yang sungguh memesona.
Semburat warna merah
keemasan di langit dengan kemilau
air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan
lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh
tubuh. Seakan tersihir kita menyaksikan secara perlahan matahari
seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.
Soal tes tertulis bentuk uraian :
1. Berdasrkan
contoh teks deskripsi di atas, jelaskan apa yang anda ketahui tentang teks
deskripsi?
2. Tulislah
struktur teks deskripsi berdasarkan contoh teks deskripsi di atas!
3. Jelaskan ciri-ciri
dari teks deskripsi yang anda ketahui!
4. Tulislah
isi yang merupakan inti pembahasan pada teks deskripsi di atas!
Rubrik Penskoran kinerja
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Menjawab
4 soal dengan tepat
|
4
|
2
|
Menjawab 3 soal dengan tepat
|
3
|
3
|
Menjawab 2 soal dengan tepat
|
2
|
4
|
Menjawab 1 soal dengan tepat
|
1
|
5
|
Tidak menjawab
|
0
|
Skor maksimal : 4
Nilai
akhir =
Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (4)
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a.
Pembelajaran Remedial
Remedial
dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·
Pembelajaran ulang
Menulis
bersama bagian-bagian teks deskripsi.
·
Bimbingan perorangan
Penentuan
struktur isi dan bagian teks deskripsi
Penentuan
kaidah penggunaan bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca) teks deskripsi
Penentuan
kerangka kelengkapan teks deskripsi
Pengembangan
dan penyajian teks deskripsi
b.
Pembelajaran Pengayaan
§
Penentuan struktur isi dan bagian teks deskripsi
§
Penentuan kaidah penggunaan bahasa (kalimat,
ejaan, dan tanda baca) teks deskripsi
§
Penentuan kerangka kelengkapan teks deskripsi
§
Pengembangan dan penyajian teks deskripsi
Paiton, 10 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala SMP Nurul Jadid Guru Mata Pelajaran
AROFIK,
S.Ag. SYAMSUL
ARIFIN, S.Pd.
NIP - NIP
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP NURUL JADID
Mata Pelajaran :
Bahasa Indoesia
Kelas/Semester :
VII/Satu
Materi Pokok : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan
(15 JP)
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan membaca teks
deskrisi, peserta didik dapat menelaah struktur teks deskripsi berdasarkan
kaidah kebahasaannya serta menyajikan teks deskripsi berdasarkan pengamatan
terhadap suatu objek
B.
Kompetensi Dasar
3.2 Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) yang didengar dan dibaca.
4.2 Menyajikan data, gagasan, kesan dalam
bentuk teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas
seni daerah) secara tulis dan lisan
dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
3.2.1
Menjelaskan
struktur teks deskripsi
3.2.2
Memahami kaidah
kebahasaan teks
deskripsi
4.2.1
Menyusun teks deskripsi berdasarkan pengamatan objek
4.2.2
Menyunting hasil pekerjaan teman terkait dengan tugas
penyusunan teks deskripsi
C.
Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a.
Struktur teks
deskripsi
b.
Kaidah-kaidah
kebahasaan teks deskripsi
c.
Teknik
penyuntingan teks deskripsi
2.
Materi pembelajaran pengayaan
a.
Struktur teks
deskripsi
b.
Kaidah-kaidah
kebahasaan teks deskripsi
c.
Teknik
penyuntingan teks deskripsi
3. Materi
pembelajaran remedial
a. Struktur teks deskripsi
b. Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi
c. Teknik penyuntingan teks deskripsi
D.
Metode
Pembelajaran
Metode : Pendekatan saintifik
E.
Media
/ Alat
Media/alat
a.
Teks deskripsi
b.
Video (objek
untuk teks deskripsi)
c.
Teks puisi
Pahlawan tak Dikenal
Bahan
a. Kertas hvs sejumlah siswa
F.
Sumber
belajar
Sumber Belajar
a. Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta:
Kemdikbud
b. Permendiknas No.
50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang
Disempurnakan”.
c. Teks-teks deskripsi dari internet
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1. Peserta didik dan pendidik bertanya jawab
tentang penguasaan
materi pada pertemuan sebelumnya
2. Untuk
membangkitkan semangat peserta didik, guru menampilkan gambar/memutar video
motivasi
3. Guru
bersama peserta didik menarik kesimpulan adanya tayangan gambar/video tersebut
4. Guru
menyampaikan indikator yang harus dicapai peserta didik pada pertemuan ini
b. Kegiatan Inti (90 menit)
1. Guru
menayangkan teks deskripsi untuk disimak oleh peserta didik
2. Peserta
didik menanyakan bagaimana cara menentukan struktur teks deskripsi
3. Guru
merespon pertanyaan peserta didik secara klasikal
4. Peserta
didik dibentuk menjadi beberapa kelompok belajar dengan cara yang menarik
(memperagakan gerak binatang tanpa bersuara)
5. Setiap
kelompok mendapatkan teks deskripsi dengan objek yang berbeda
6. Peserta
didik bersama kelompok mendiskusikan struktur teks deskripsi
7. Peserta
didik mengomunikasikan hasil diskusi kelompok
c. Kegiatan penutup(10)
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
belum dipahami
2.
Peserta didik dan guru mengidentifikasi hal-hal yang merupakan kesulitan
pada pertemuan kali ini
3. Guru memberikan tugas tidak terstruktur (Project Based Learning) secara
individual dalam jangka waktu yang variatif.
Pertemuan kedua : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Guru memperdengarkan PUISI PAHLAWAN
TAK DIKENAL untuk mengetahui pemahaman siswa terhadapa materi pada pembahasan
sebelumnya
3.
Guru menanyakan tentang gambaran yang
diperoleh siswa dengan mendengarkan puisi tersebut
4.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.
Siswa menerima informasi indikator pencapaian kompetensi
b. Kegiatan Inti (90 menit)
1. Peserta
didik membaca teks deskripsi dengan cermat
2. Peserta
didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan ciri-ciri bahasa pada teks
deskripsi
3. Guru
member penjelasan mengenai beberapa ciri bahasa pada teks deskripsi
4. Peserta
didik secara berkelompok mendata ciri bahasa teks deskripsi berdasarkan teks
deskripsi yang dibaca
5. Peserta
didik menukar hasil diskusinya dengan kelompok lain untuk saling mengkoreksi
hasil pekerjaannya
6. Peserta
didik menyampaikan hasil temuan dari pekerjaan kelompok lain untuk mendapat
tanggapan
7. Guru
memberikan penguatan/tanggapan terkait dengan kegiatan pembelajaran kali ini
8. Guru
memberi reward terhadap kelompok yang dinilai terbaik pada pertemuan kali ini
c. Kegiatan penutup (10 menit)
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
belum dipahami
2.
Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran
berlangsung.
3.
Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
4.
Peserta didik mendapat tugas untuk
mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar
Pertemuan ketiga : 5 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang pekerjaan rumah mengenai
pengamatan terhadap suatu objek.
2.
Peserta didik bersama guru menyanyikan lagu Indonesia Raya.
3.
Guru memberi penjelasan maksud dan tujuan diputarkannya lagu Indonesia
Raya
4.
Peserta didik menerima informasi indikator pencapaian kompetensi
terhadap kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik dan pendidik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang
akan dilakukan dalam pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (170 menit)
1. Peserta
didik dipandu oleh guru untuk membentuk kelompok
2. Peserta
didik secara individu mencermati kembali hasil pengamatan terhadap suatu objek
3. Peserta
didik menanyakan kepada guru terkait dengan hal-hal yang menjadi kesulitan
4. Peserta didik bersama kelompok menyusun teks
deskripsi berdasarkan objeknya masing-masing
5. Peserta
didik dalam kelompok saling mengisi/saling membantu terhadap suatu masalah
dalam penyelesaian penulisan teks deskripsi
6. Peserta
didik menukar hasil pekerjannya dengan peserta didik pada kelompok lain untuk
dikroscek kebenarannya
7. Masing-masing
peserta didik mendata kelebihan dan kekurangan dari hasil pekerjaan temannya
8. Peserta
didik secara bergantian membacakan hasil temuan (kelebihan dan kekurangan ) pekerjaan
temannya
9. Guru
memberi penguatan terhadap hasil pekerjaan peserta didik yang sudah disampaikan
c. Kegiatan penutup (10 menit)
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
belum dipahami
2.
Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran
berlangsung.
3.
Guru memberi kesimpulan terhadap
materi yang dibahas pada pertemuan kali ini
Pertemuan keempat : 4 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.
Peserta didik secara berantai membaca puisi berjudul Pahlawan Tak
Dikenal
2.
Peserta didik menyanyikan lagu Padamu Negeri dengan tujuan mengajak
siswa untuk menciptakan sikap nasionalisme.
3.
Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi
yang sudah dipelajari sebelumnya.
4.
Peserta didik menerima informasi mengenai kompetensi yang akan
dicapai pada pertemuan ini.
5.
Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan
kegiatan yang akan dilakukan.
6.
Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian.
b. Kegiatan Inti (125 menit)
1. Guru
memutarkan video terkait dengan objek menarik untuk dicermati peserta didik
2. Peserta
didik menanyakan hal-hal penting yang belum dipahami terkait dengan tayangan
video
3. Secara
individu peserta didik menulis teks deskripsi sesuai dengan tayangan video
4. Guru
membentuk siswa secara berpasangan dengan cara yang menarik
5. Peserta
didik yang sudah mendapatkan pasangan saling menyerahkan hasil pekerjaannya
untuk disunting kebenarannya.
6. Hasil
suntingan setiap peserta didik disampaikan di depan umum
7. Guru
memberi tanggapan terhadap hasil pekerjaan peserta didik yang disampaikan di
depan umum
c. Kegiatan penutup (15 menit)
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
belum dipahami
2.
Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran
berlangsung.
3.
Guru memberi kesimpulan terhadap
materi yang dibahas pada pertemuan kali ini
4.
Guru menginformasikan materi yang akan
dibahas pada pertemuan berikutnya
5.
Peserta didik diminta untuk tepuk
tangan sebagai simbol keberhasilan dalam mencapai kompetensi pada bab I tentang
teks deskripsi.
H. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian sikap sikap sosial dilakukan
dengan teknik observasi/ jurnal.
b.
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
teknik tes tulis.
c.
Penilaian keterampilan dilakukan
dengan teknik kinerja.
2.
Instrumen
Penilaian
A.
Instrumen jurnal penilaian sikap
Contoh:
Jurnal Perkembangan
Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMP Nurul Jadid
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun
pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
1.
|
10/07/17
|
Toniman
|
·
Menyampaikan pendapat mengenai
aspek kebahasaan teks deskripsi yang merupakan kesulitan teman.
|
Peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh:
Jurnal Perkembangan
Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMP Nurul Jadid
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun
pelajaran : 2017/2018
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
1
|
10/07/17
|
Samina
|
·
Tiga kali tidak mengerjakan tugas bahasa indonesia
|
tidak
bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Soal Pengetahuan berupa tes tertulis bentuk uraian
1. Jelaskan struktur teks deskripsi!
2. Salah
satu yang harus diperhatikan dalam penyusunan teks deskripsi adalah kaidah
kebahasaan. Jelaskan ciri kebahasaan penyusunan teks deskripsi!
C. Soal Keterampilan:
1. Amatilah ciri-ciri fisik dan sikap salah satu orang tuamu, kemudian
tulislah menjadi teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kaidah
kebahasaannya!
Rubrik Penskoran kinerja
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Benar menjawab ketiga struktur teks deskripsi
Benar menjawab dua struktur teks deskripsi
Benar menjawab satu struktur teks deskripsi
|
3
2
1
|
3
|
2
|
Benar menjawab 3 aspek kebahasaan teks deskripsi
Benar menjawab 2 aspek kebahasaan teks deskripsi
Benar menjawab 1 aspek kebahasaan teks deskripsi
|
3
2
1
|
3
|
3
|
Strutur teks deskripsi lengkap (identitas, bagian, kesimpulan)
Strutur teks deskripsi kurang lengkap (menyebutkan 2)
Strutur teks deskripsi tidak lengkap (menyebutkan 1)
|
3
2
1
|
3
|
Skor maksimal : 9
Nilai akhir =
Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah
skor maksimal(9)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial
dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
· Struktur
teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
· Kaidah-kaidah
kebahasaan teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
· Prosedur/
langkah menulis teks deskripsi.
· Teknik
penyuntingan teks deskripsi.
b. Pembelajaran Pengayaan
§ Memperkaya atau meningkatkan kompleksitas isi
teks deskripsi
§ Penulisan teks deskripsi yang cukup panjang (tugas
proyek pengayaan)
Paiton, 10 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
AROFIK, S.Ag. SYAMSUL ARIFIN, S.Pd.
PAHLAWAN TAK DIKENAL
Karya Toto Sudarto Bahtiar
Sepuluh tahun yang lalu ... dia terbaring
Tapi bukan tidur .. sayang
Sebuah
lubang peluru ... bundar di dadanya
Senyum
bekunya mau berkata,”Kita sedang perang!”
Dia tidak ingat à bilamana dia datang
(dibaca langsung nyambung)
Dia tidak tahu àuntuk siapa dia datang
(dibaca langsung nyambung)
Kemudian dia terbaring tapi bukan tidur .. sayang
Wajah sunyi setengah tengadah
Menangkap sepi padang senja
Dunia tambah beku
di
tengah derap dan suara merdu
“Dia
masih sangat muda!” (nada tinggiàemosi)
Hari itu 10 November hujan pun mulai turun
Orang-orang ingin kembali memandangnya
sambil
membawa karangan bunga
Tapi yang nampak .. wajah-wajahnya sendiri yang tak dikenalnya
Sepuluh tahun yang lalu ... dia terbaring
tapi bukan tidur .. sayang
Sebuah lubang peluru .. bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata,”Aku mati muda!”
************** SELESAI ********************
Contoh Teks Deskripsi (1) à Mendeskripsikan sosok dan kisah seorang
pahlawan
menurut pandangan Toto Sudarto Bahtiar
Contoh Teks Deskripsi (2) à Mendeskripsikan Pantai Parangtritis dan
macam-macam
keindahannya
Comments
Post a Comment