Skip to main content

Contoh RPP Teks Deskripsi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                               (RPP)

Sekolah                                : SMP NURUL JADID
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester                 : VII/Satu
Materi Pokok                     : Teks Deskripsi
Alokasi Waktu                  : 4 Pertemuan (12 JP)

 

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan membaca teks deskripsi, peserta didik dapat mendefinisikan teks deskripsi, menjelaskan isi, ciri umum berdasarkan  struktur teks dan kaidah kebahasaannya

B.    Kompetensi Dasar
3.1    Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
4.1    Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata,  tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll)  yang didengar dan dibaca

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1  Memahami pengertian teks deskripsi
3.1.2  Memahami struktur teks deskripsi
3.1.3  Menentukan ciri-ciri teks deskripsi  berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya
4.1.1  Menentukan isi teks deskripsi baik yang dibaca atau yang didengar
4.1.2  Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks membawakan acara (misalnya, panorama wisata/jalan-jalan  di TV, pengenalan profil sekolah saat lomba lingkungan sekolah sehat, dll)

C.    Materi Pembelajaran
1.       Materi pembelajaran reguler
·       Teks deskripsi
·       Struktur teks dekripsi
·       Ciri-ciri teks deskripsi
·       Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi

2.       Materi remidial
·       Teks deskripsi
·       Struktur teks dekripsi
·       Ciri-ciri teks deskripsi
·       Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi

3.       Materi pengayaan
·       Teks deskripsi
·       Struktur teks dekripsi
·       Ciri-ciri teks deskripsi
·       Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi

D.    Metode
Metode pembelajaran : Pendekatan Saintifik

E.    Media/Alat
1.  Media/alat
a. Teks deskripsi
b. Tayangan video/gambar teks deskripsi
2.   Bahan
        Kertas hvs sejumlah siswa



F.    Sumber Belajar
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud

G.    Kegiatan Pembelajaran
1.       Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.    Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
2.    Guru meminta salah satu peserta didik untuk mendeskripsikan salah satu anggota keluarga yang paling disayangi
3.    Peserta didik diperlihatkan beberapa contoh gambar pemandangan
4.    Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang maksud dan kaitan gambar tersebut dengan materi yang akan dipelajari
5.    Peserta didik menerima informasi tentang indicator pencapaian kompetensi dan target lingkup penilaian pembelajaran

b. Kegiatan Inti (90 menit)
1.    Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, masing- masing kelompok diberikan teks deskripsi
2.    Masing-masing kelompok membaca dan mencermati teks deskripsi yang diberikan guru
3.     Masing-masing kelompok menggali informasi dan mendiskusikan tentang definisi dan struktur teks deskripsi
4.    Masing-masing kelompok menuliskan hasil diskusinya ke buku tugas masing-masing
5.    Perwakilan setiap kelompokmembacakan hasil diskusinya untuk ditanggapi oleh kelompok lain
6.    Masing-masing kelompok memberikan tanggapan terhadap hasil pekerjaan kelompok lain

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik bersama guru menyimpulkan   butir-butir pokok tentang teks deskripsi.
2)     Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)     Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks laporan hasil observasi.
4)     Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh teks teks deskripsi di majalah, koran, atau di buku.
5)     Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

2.    Pertemuan kedua (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (20menit)
1)    Untuk menggugah semangat peserta didik, guru memberi sebuah game (permainan)
2)    Peserta didik menyampaiakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
3)    Peserta didik menerima informasi  indikator pencapaian kompetensi
4)    Peserta didik menerima penyampaian  garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

b. Kegiatan Inti (90 menit)
1.    Peserta didik secara berkelompok mendapat teks deskripsi dari guru
2.    Peserta didik bersama kelompok membaca dan mencermati teks yang dibaca
3.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kebahasaannya
4.    Peserta didik menulis hasil diskusi ke dalam buku tugas dipandu oleh guru
5.    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan/komentar




c.  Kegiatan Penutup (15 menit)
1)     Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
2)     Peserta didik menerima kesimpulan secara garis besar tentang materi pembelajaran pada pertemuan ini.
3)     Peserta didik menerima penguatan tentang manfaat pembelajaran tentang teks deskripsi.
4)     Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari teks deskripsi kemuadian menentukan isi dan ciri-cirinya
5)     Peserta didik menerima informasi tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

3.    Pertemuan ketiga (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1)    Untuk menggugah semangat peserta didik, guru memberi sebuah game (permainan) puisi berantai
2)    Guru menanyakan pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
3)    Peserta didik menerima informasi  indikator pencapaian kompetensi
4)    Peserta didik menerima penyampaian  garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

b. Kegiatan Inti (90 menit)
1.    Peserta didik menyaksikan beberapa tayangan/gambar yang disajikan oleh guru
2.    Peserta didik dengan antusias menyaksikan tayangan/gambar yang disajikan guru
3.    Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok
4.    Secara diundi peserta didik menerima satu dari beberapa objek yang ditayangkan tersebut
5.    Peserta didik besama kelompok mendiskusikan isi dan memberi pembuktian terhadap salah satu dari objek yang didiskusikan
6.    Peserta didik menulis hasil diskusi ke dalam buku tugas dipandu oleh guru
7.    Peserta didik membaca hasil diskusi kelompok dengan dikoreksi oleh kelompok lain

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
2)     Peserta didik menerima kesimpulan secara garis besar tentang materi pembelajaran pada pertemuan ini.
3)     Peserta didik menerima penguatan tentang manfaat pembelajaran tentang teks deskripsi.
4)     Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari teks deskripsi kemuadian menentukan isi dan ciri-cirinya
5)     Peserta didik menerima informasi tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

4.    Pertemuan keempat (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2)    Peserta didik menerima kompetensi dan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran
3)    Peserta didik menerima penyampaian  garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
4)    Peserta didik menerima informasi dan target lingkup penilaianpembelajaran.





b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.    Guru mempertontonkan kepada peserta didik tayangan tentang pendeskripsian suatu objek oleh seorang pembawa acara
2.    Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang maksud dan isi objek yang dideskripsikan oleh pembawa acara tersebut
3.    Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok
4.    Peserta didik bersama kelompok diminta untuk menentukan objek yang paling menarik yang ada di Pondok Pesantren Nurul Jadid untuk dideskripsikan
5.    Peserta didik besama kelompok menulis objek yang dipilih untuk dideskripsikan dengan memperhatian struktur dan kebahasaan penyusunan teks deskripsi
6.    Peserta didik layaknya sebagai pembawa acara dalam tayangan TV menyampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas
7.    Peserta didik pada kelompok lain mencatat kelebihan dan kekurangan untuk disampaikan sebagai tanggapan

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari ini.
2)     Peserta didik menerima kesimpulan secara garis besar tentang materi pembelajaran pada pertemuan ini.
4)     Peserta didik menerima tugas dari guru untuk mencari teks deskripsi kemuadian menentukan isi dan ciri-cirinya
5)     Peserta didik menerima informasi tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

H.   PENILAIAN
1.   Teknik Penilaian
b.    Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
c.     Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
d.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.   Instrumen Penilaian
a.       Instrumen jurnal (Penilaian sikap)
Contoh:
    Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah             : SMP NURUL JADID
Kelas/Semester           : VII/Satu
Tahun pelajaran          : 2017/2018

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.
10/07/17


Ari Santoso
·     Menyampaikan usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks deskripsi.
Peduli
2
dst.




Contoh:
    Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah             : SMP NURUL JADID
Kelas/Semester           : VII/Satu
Tahun pelajaran          : 2017/2018
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1
10/07/17
Sandika
·         Tiga kali tidak mengerjakan tugas bahasa indonesia
Tidak bertanggung jawab
dst




b.         Instrumen Teknik Tes Tertulis (Pengetahuan dan Keterampilan)

Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang tersedia dengan tepat!
Parangtritis nan Indah


Salah satu andalan  wisata Kota Yogyakarta adalah Pantai  Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa  Yogyakarta. Pantai  ini  terletak  sekitar  27  km  arah  selatan Yokyakarta.

Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kemolekan pantai serasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam  yang sungguh  memesona.  Semburat  warna  merah  keemasan  di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa  matahari  sore menjadi pemandangan  yang memukau. Rasa hangat berbaur dengan lembutnya hembusan  angin  sore, melingkupi  seluruh  tubuh.  Seakan tersihir  kita menyaksikan secara perlahan matahari seolah-olah masuk ke dalam hamparan air laut.


     Soal tes tertulis bentuk uraian :
1.    Berdasrkan contoh teks deskripsi di atas, jelaskan apa yang anda ketahui tentang teks deskripsi?
2.    Tulislah struktur teks deskripsi berdasarkan contoh teks deskripsi di atas!
3.    Jelaskan ciri-ciri dari teks deskripsi yang anda ketahui!
4.    Tulislah isi yang merupakan inti pembahasan pada teks deskripsi di atas!

Rubrik Penskoran kinerja
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Menjawab 4 soal dengan tepat
4
2
Menjawab 3 soal dengan tepat
3
3
Menjawab 2 soal dengan tepat
2
4
Menjawab 1 soal dengan tepat
1
5
Tidak menjawab
0

    Skor maksimal : 4
Nilai akhir   =  Jumlah skor yang diperoleh x 100
                        Jumlah skor maksimal (4)

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·         Pembelajaran ulang
Menulis bersama bagian-bagian teks deskripsi.
·         Bimbingan perorangan
Penentuan struktur isi dan bagian teks deskripsi
Penentuan kaidah penggunaan bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca) teks deskripsi
Penentuan kerangka kelengkapan teks deskripsi
Pengembangan dan penyajian teks deskripsi

b.     Pembelajaran Pengayaan
§  Penentuan struktur isi dan bagian teks deskripsi
§  Penentuan kaidah penggunaan bahasa (kalimat, ejaan, dan tanda baca) teks deskripsi
§  Penentuan kerangka kelengkapan teks deskripsi
§  Pengembangan dan penyajian teks deskripsi


Paiton, 10 Juli 2017

Mengetahui,
Kepala SMP Nurul Jadid                                                        Guru Mata Pelajaran




            AROFIK, S.Ag.                                                                          SYAMSUL ARIFIN, S.Pd.
            NIP -                                                                                        NIP -
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                      :  SMP NURUL JADID
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester         :  VII/Satu
Materi Pokok             :  Teks Deskripsi
Alokasi Waktu           :  4 Pertemuan (15 JP)
 

A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan membaca teks deskrisi, peserta didik dapat menelaah struktur teks deskripsi berdasarkan kaidah kebahasaannya serta menyajikan teks deskripsi berdasarkan pengamatan terhadap suatu objek

B.    Kompetensi Dasar
3.2    Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni  daerah)     yang didengar dan dibaca.
4.2    Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk  teks deskripsi tentang objek
(sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis

Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK)
3.2.1   Menjelaskan struktur teks deskripsi
3.2.2   Memahami kaidah kebahasaan teks deskripsi
4.2.1   Menyusun teks deskripsi berdasarkan pengamatan objek
4.2.2   Menyunting hasil pekerjaan teman terkait dengan tugas penyusunan teks  deskripsi

C.    Materi Pembelajaran 
1.    Materi pembelajaran regular
a.    Struktur teks deskripsi
b.    Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi
c.    Teknik penyuntingan teks deskripsi

2.    Materi pembelajaran pengayaan                                                                                                         
a.    Struktur teks deskripsi
b.    Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi
c.     Teknik penyuntingan teks deskripsi

3.     Materi pembelajaran remedial
a.  Struktur teks deskripsi
b.  Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi
c.  Teknik penyuntingan teks deskripsi


D.    Metode Pembelajaran
Metode : Pendekatan saintifik

E.    Media / Alat
Media/alat
a.    Teks deskripsi
b.    Video (objek untuk teks deskripsi)
c.     Teks puisi Pahlawan tak Dikenal

Bahan
a.    Kertas hvs sejumlah siswa

F.    Sumber belajar
Sumber Belajar
a.   Kemdikbud. Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud
b.   Permendiknas No. 50  Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
c.   Teks-teks deskripsi dari internet
G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.   Peserta didik dan pendidik bertanya jawab tentang penguasaan materi pada pertemuan sebelumnya
2.   Untuk membangkitkan semangat peserta didik, guru menampilkan gambar/memutar video motivasi
3.   Guru bersama peserta didik menarik kesimpulan adanya tayangan gambar/video tersebut
4.   Guru menyampaikan indikator yang harus dicapai peserta didik pada pertemuan ini

 b. Kegiatan Inti (90 menit)
1.   Guru menayangkan teks deskripsi untuk disimak oleh peserta didik
2.   Peserta didik menanyakan bagaimana cara menentukan struktur teks deskripsi
3.   Guru merespon pertanyaan peserta didik secara klasikal
4.   Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok belajar dengan cara yang menarik (memperagakan gerak binatang tanpa bersuara)
5.   Setiap kelompok mendapatkan teks deskripsi dengan objek yang berbeda
6.   Peserta didik bersama kelompok mendiskusikan struktur teks deskripsi
7.   Peserta didik mengomunikasikan hasil diskusi kelompok

c. Kegiatan penutup(10)
1.   Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2.   Peserta didik dan guru mengidentifikasi hal-hal yang merupakan kesulitan pada pertemuan kali ini
3.   Guru memberikan tugas tidak terstruktur (Project Based Learning) secara individual dalam jangka waktu yang variatif.

Pertemuan kedua : 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.   Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.   Guru memperdengarkan PUISI PAHLAWAN TAK DIKENAL untuk mengetahui pemahaman siswa terhadapa materi pada pembahasan sebelumnya
3.   Guru menanyakan tentang gambaran yang diperoleh siswa dengan mendengarkan puisi tersebut
4.   Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.   Siswa menerima informasi indikator pencapaian kompetensi

 b. Kegiatan Inti (90 menit)
1.   Peserta didik membaca teks deskripsi dengan cermat
2.   Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru mempertanyakan ciri-ciri bahasa pada teks deskripsi
3.   Guru member penjelasan mengenai beberapa ciri bahasa pada teks deskripsi
4.   Peserta didik secara berkelompok mendata ciri bahasa teks deskripsi berdasarkan teks deskripsi yang dibaca
5.   Peserta didik menukar hasil diskusinya dengan kelompok lain untuk saling mengkoreksi hasil pekerjaannya
6.   Peserta didik menyampaikan hasil temuan dari pekerjaan kelompok lain untuk mendapat tanggapan
7.   Guru memberikan penguatan/tanggapan terkait dengan kegiatan pembelajaran kali ini
8.   Guru memberi reward terhadap kelompok yang dinilai terbaik pada pertemuan kali ini

c. Kegiatan penutup (10 menit)
1.   Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2.   Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung.
3.   Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
4.   Peserta didik mendapat tugas untuk mengamati objek yang ada di lingkungan sekitar


Pertemuan ketiga : 5 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.   Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang pekerjaan rumah mengenai pengamatan terhadap suatu objek.
2.   Peserta didik bersama guru menyanyikan lagu Indonesia Raya.
3.   Guru memberi penjelasan maksud dan tujuan diputarkannya lagu Indonesia Raya
4.   Peserta didik menerima informasi indikator pencapaian kompetensi terhadap kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Peserta didik dan pendidik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan dalam pembelajaran.

 b. Kegiatan Inti (170 menit)
1.   Peserta didik dipandu oleh guru untuk membentuk kelompok
2.   Peserta didik secara individu mencermati kembali hasil pengamatan terhadap suatu objek
3.   Peserta didik menanyakan kepada guru terkait dengan hal-hal yang menjadi kesulitan
4.    Peserta didik bersama kelompok menyusun teks deskripsi berdasarkan objeknya masing-masing
5.   Peserta didik dalam kelompok saling mengisi/saling membantu terhadap suatu masalah dalam penyelesaian penulisan teks deskripsi
6.   Peserta didik menukar hasil pekerjannya dengan peserta didik pada kelompok lain untuk dikroscek kebenarannya
7.   Masing-masing peserta didik mendata kelebihan dan kekurangan dari hasil pekerjaan temannya
8.   Peserta didik secara bergantian membacakan hasil temuan (kelebihan dan kekurangan ) pekerjaan temannya
9.   Guru memberi penguatan terhadap hasil pekerjaan peserta didik yang sudah disampaikan

c. Kegiatan penutup (10 menit)
1.   Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2.   Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung.
3.   Guru memberi kesimpulan terhadap materi yang dibahas pada pertemuan kali ini

Pertemuan keempat : 4 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
1.   Peserta didik secara berantai membaca puisi berjudul Pahlawan Tak Dikenal
2.   Peserta didik menyanyikan lagu Padamu Negeri dengan tujuan mengajak siswa untuk menciptakan sikap nasionalisme.
3.   Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
4.   Peserta didik menerima informasi mengenai kompetensi yang akan dicapai  pada pertemuan ini.
5.   Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
6.   Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian.

 b. Kegiatan Inti (125 menit)
1.   Guru memutarkan video terkait dengan objek menarik untuk dicermati peserta didik
2.   Peserta didik menanyakan hal-hal penting yang belum dipahami terkait dengan tayangan video
3.   Secara individu peserta didik menulis teks deskripsi sesuai dengan tayangan video
4.   Guru membentuk siswa secara berpasangan dengan cara yang menarik
5.   Peserta didik yang sudah mendapatkan pasangan saling menyerahkan hasil pekerjaannya untuk disunting kebenarannya.
6.   Hasil suntingan setiap peserta didik disampaikan di depan umum
7.   Guru memberi tanggapan terhadap hasil pekerjaan peserta didik yang disampaikan di depan umum




c. Kegiatan penutup (15 menit)
1.   Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang belum dipahami
2.   Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung.
3.   Guru memberi kesimpulan terhadap materi yang dibahas pada pertemuan kali ini
4.   Guru menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
5.   Peserta didik diminta untuk tepuk tangan sebagai simbol keberhasilan dalam mencapai kompetensi pada bab I tentang teks deskripsi.

H.   Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.     Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.    Instrumen Penilaian
A.      Instrumen jurnal penilaian sikap
       Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah             : SMP Nurul Jadid
Kelas/Semester           : VII/Satu
Tahun pelajaran          : 2017/2018
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.
10/07/17


Toniman
·       Menyampaikan  pendapat mengenai aspek kebahasaan teks deskripsi yang merupakan kesulitan teman.
Peduli 
2
dst.















Contoh:                                                                                                                                       
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah             : SMP Nurul Jadid
Kelas/Semester           : VII/Satu
Tahun pelajaran          : 2017/2018
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1
10/07/17
Samina
·         Tiga kali tidak mengerjakan tugas bahasa indonesia
tidak bertanggung jawab
















B. Soal Pengetahuan berupa tes tertulis bentuk uraian  
1.    Jelaskan struktur teks deskripsi!
2.    Salah satu yang harus diperhatikan dalam penyusunan teks deskripsi adalah kaidah kebahasaan. Jelaskan ciri kebahasaan penyusunan teks deskripsi!

C. Soal Keterampilan:
1.  Amatilah ciri-ciri fisik dan sikap salah satu orang tuamu, kemudian tulislah menjadi teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya!





Rubrik Penskoran kinerja
No.

Aspek yang Dinilai

Skor

1



Benar menjawab ketiga struktur teks deskripsi
Benar menjawab dua struktur teks deskripsi
Benar menjawab satu struktur teks deskripsi
    3
    2
    1
3
2
Benar menjawab 3 aspek kebahasaan teks deskripsi
Benar menjawab 2 aspek kebahasaan teks deskripsi
Benar menjawab 1 aspek kebahasaan teks deskripsi
    3
    2
    1
3
3
Strutur teks deskripsi lengkap (identitas, bagian, kesimpulan)
Strutur teks deskripsi kurang lengkap (menyebutkan 2)
Strutur teks deskripsi tidak lengkap (menyebutkan 1)
    3
    2
    1
3

Skor maksimal : 9
 Nilai akhir   =  Jumlah skor yang diperoleh x 100
                        Jumlah skor maksimal(9)


   3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
  Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·   Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
·   Kaidah-kaidah kebahasaan teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
·   Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi.
·   Teknik penyuntingan teks deskripsi.

b. Pembelajaran Pengayaan
§ Memperkaya atau meningkatkan kompleksitas isi teks deskripsi
§ Penulisan teks deskripsi yang cukup panjang (tugas proyek pengayaan)


Paiton, 10 Juli 2018
Mengetahui,                                                                           
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran




AROFIK, S.Ag.                                                                          SYAMSUL ARIFIN, S.Pd.
           

                 
















PAHLAWAN TAK DIKENAL
           Karya Toto Sudarto Bahtiar


Sepuluh tahun yang lalu ... dia terbaring
Tapi bukan tidur .. sayang
                        Sebuah lubang peluru ... bundar di dadanya
                        Senyum bekunya mau berkata,”Kita sedang perang!”


Dia tidak ingat à bilamana dia datang (dibaca langsung nyambung)
Dia tidak tahu àuntuk siapa dia datang (dibaca langsung nyambung)
Kemudian dia terbaring tapi bukan tidur .. sayang


Wajah sunyi setengah tengadah
Menangkap sepi padang senja
             Dunia tambah beku
                        di tengah derap dan suara merdu
                        “Dia masih sangat muda!” (nada tinggiàemosi)


Hari itu 10 November hujan pun mulai turun
Orang-orang ingin kembali memandangnya
            sambil membawa karangan bunga
            Tapi yang nampak .. wajah-wajahnya sendiri yang tak dikenalnya


Sepuluh tahun yang lalu ... dia terbaring
           tapi bukan tidur ..  sayang
Sebuah lubang peluru .. bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata,”Aku mati muda!”


            ************** SELESAI ********************






Contoh Teks Deskripsi (1) à Mendeskripsikan sosok dan kisah seorang pahlawan
                                                 menurut pandangan Toto Sudarto Bahtiar
Contoh Teks Deskripsi (2) à Mendeskripsikan Pantai Parangtritis dan macam-macam
                                                 keindahannya


Comments

Popular posts from this blog

Nama-Nama Organ Tubuh dalam ISTILAH Madura

Nama-Nama Organ Tubuh dalam Bahasa Madura No Istilah dalam Madura Istilah dalam Bahasa Indonesia A. Kepala 1.         Obuk Rambut 2.         Oben Uban                     3.         Obuk Reng-gerengan Rambut pirang       4.         obuk lanjeng Rambut panjang     5.         obuk kendek Rambut pendek      6.         butak Botak                                 7.         pletetan Rambut bagian depan/ pelipis 8.         obuk solot Rambut kriting                   9.         obuk loros Rambut lurus                                  10.     otek Otak                                               11.     bun-bunan Ubun-ubun                                     12.     Pleseran cetak Puseran kepala            

ISTILAH-ISTILAH DALAM BAHASA MADURA

Nama                : Muhammad Ilham   Rahmatullah Luthfi NPM                : 120401080003 Kelas               : 2012 A Bahasa Ibu       :   Madura Kata Benda (Madura) dan terjemahannya Mejo = meja Korseh = kursi Kasor = kasur Bental = bantal Canteng = gayung Kabek = kawat Kelambih = baju Lebber = celana pendek Pereng = piring Gelles = gelas Demar = lampu Lelen = lilin Tembeh = timba Landuk = cangkul Taker = tikar Kajuh = kayu Penanggelen = kalender Betoh = batu Perreng = bambu Pakoh = paku Ledding = pisau Arek = celurit Beddung = kapak Labeng = pintu Posapoh = sapu Kata Kerja (Madura) dan terjemahannya Ngakan = makan Nginum = minum Tedung = tidur Tojuk = duduk Manjeng = berdiri Atole = menoleh Angabes = melihat Anangis = menangis Ara kora = mencuci piring Asa sessa = mencuci baju Anganggui = memakai Alakoh = bekerja Asapoan = menyapu Anamen = menanam

CONTOH SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA

UNTUK ANTUM-ANTUM YANG MENCARI CONTOH SILABUS DAN RPP ANE PUNYA NIH... MOGA BERMANFAAT YA....! RENCANA PELAKSANAAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah                                  : SMP NU BULULAWANG Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia Kelas/Semester                    : VIII (Delapan) /1 (Satu) Standar Kompetensi            : Menulis                                                    4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Penilaian Bentuk   Instrumen Contoh Instrumen 4.1     Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan se