RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Islam Ma’arif 3 Malang
Mata Pelajaran : Bahasa
Indoesia
Kelas/Semester: VII/Satu
Materi Pokok : Teks
Prosedur
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan
(4 JP)
A.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
A.1 Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara
melakukan sesuatu, cara menggunakan, dan
cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner
khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca
dan didengar
A.2 Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.5
3.5.1 Menentukan
ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftar
kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang
dibaca/didengar.
3.5.3 Menentukan
jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar
B. Materi
Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
- Pengertian teks prosedur
- Jenis teks prosedur
- Tujuan komunikasi teks prosedur
- Pola pengembangan isi
- Ciri bahasa teks prosedur (kata kerja, kata benda)
2. Materi pembelajaran remedial
- Pengertian teks prosedur
- Jenis teks prosedur
- Tujuan komunikasi teks prosedur
d.
Pola pengembangan isi
e.
Ciri bahasa teks prosedur (kata
kerja, kata benda)
3. Materi
pembelajaran pengayaan
- Pengertian teks prosedur
- Jenis teks prosedur
- Tujuan komunikasi teks prosedur
- Pola pengembangan isi
- Ciri bahasa teks prosedur (kata kerja, kata benda)
C. Tujuan
Pembelajaran
3.5.1
Siswa dapat menentukan ciri umum teks prosedur pada
teks yang dibaca/didengar.
3.5.2
Siswa dapat mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3
Siswa dapat menentukan jenis teks prosedur pada teks
yang dibaca/didengar
D. Metode Pembelajaran
1.
Discovery
E. Media Pembelajaran
1. Media/alat
a. Bungkus Mie Instan
b. Video, “langkah-langkah membuat Mie Instan”
F. Sumber Belajar
a. Kemdikbud. Bahasa Indonesia Kelas VII.
Jakarta: Kemdikbud , cetakan ke 3 tahun 2016
b. Alwi, Hasan.
2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c. Permendiknas
No. 50 Tahun 2015. ―Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan, 2016.
d.
http://artikelmateri.blogspot.co.id/2015/11/teks-prosedur-pengertian-tujuan-macam-ciri-contoh.html
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.
Pendahuluan (10 menit )
· Guru
mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa,
absensi.
· Guru mengaitkan
materi pembelajaran sebelumnya.
· Guru
menyampaikan manfaat pembelajaran yang akan dilakukan.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
· Guru
dan peserta didik menyepakati langkah-langkah dan penilaian kegiatan yang akan ditempuh untuk
mencapai kompetensi.
b.
Kegiatan inti (60 menit)
Stimulasi
·
Peserta didik menyimak tayangan video “langkah-langkah
menyajikan Mie Instan” ( yang disediakan oleh guru). (mengamati)
·
Peserta didik membaca teks prosedur pada Mie Instan
·
Peserta didik mencermati penjelasan tentang teks prosedur
dalam buku LKS Bahasa Indonesia
·
Peserta didik menyimak penjelasan pendidik tentang tugas
yang harus dikerjakan
Pernyataan/
identifikasi masalah
·
Secara berkelompok, peserta didik bertanya jawab untuk
merumuskan batasan teks prosedur
·
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri
umum teks prosedur (struktur, ciri kebahasaan;
kata kerja, kata benda) yang terdapat dalam teks prosedur yang diamati.
·
Secara berkelompok, peserta didik megerjakan tugas dalam
lembar kerja peserta didik yang telah disediakan oleh pendidik.
·
Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil
kerja kelompoknya.
·
Secara acak, pendidik menunjuk satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi.
Pengumpulan
Data
·
Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi
tambahan (teori) tentang ciri umum (struktur, ciri kebahasaan;
kata kerja, kata benda) dari berbagai sumber lainnya seperti, di buku Bahasa Indonesia, internet,
atau buku lainnya.
·
Secara berkelompok, peserta didik mencari contoh teks
prosedur dari berbagai sumber lainnya
seperti, di buku Bahasa Indonesia, internet, atau buku lainnya.
·
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri
umum teks prosedur (struktur, ciri kebahasaan;
kata kerja, kata benda) yang ditemukannya.
Pengolahan Data
·
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan hal-hal
apa yang diuraikan pada tiap bagian ciri umum teks prosedur dengan baik
·
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan
penggunaan teks prosedur
·
Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil
kerja.
Pembuktian
·
Secara berkelompok, peserta didik mempresentasikan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain menanggapi
·
Pendidik memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran
peserta didik.
c.
Penutup (10 menit)
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Peserta didik dan guru merefleksi
yang mengaitkan materi pembelajaran dengan sikap spritiual dan sosial
·
Memfasilitasi penumpulan hasil
kerja sebagai bahan portofolio
·
Memberi tindak lanjut dengan
memberi arahan berikutnya atau tugas remidi/pengayaan
·
Peserta didik memberikan umpan balik
dengan mengajukan pertanyaan.
·
Guru menyampaikan informasi pembelajaran
yang akan datang
·
Guru menutup kegiatan
pembelajaran
Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan (10 menit )
· Salah seorang peserta
didik memimpin berdoa dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
· Pendidik mengecek
kehadiran peserta didik
· Pendidik mengajukan
pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
Misalnya: “Siapa yang masih ingat konsep teks prosedur yang kita pelajari
minggu lalu?”, dan “Sebutkan ciri umum teks prosedur?”
· Pendidik membimbing
peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberkn terkait dengan pemahaman
mereka tentang teks prosedur dengan harapan mereka akan mampu menerapkan teks
prosedur dengan baik.
· Pendidik menyampaikan
materi pembelajaran hari itu yaitu tentang ciri umum teks prosedur
· Menyampaikan tujuan
dan indikator pembelajaran
· Menyepakati kegiatan
yang akan dillakukan
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulasi
·
Peserta didik membaca contoh teks prosedur
“Langkah-langkah membuat kue basah”
·
Mencermati uraian yang berkaitan dengan kata
kerja dan kata benda
Identifikasi Masalah
·
Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan
penggunaan kata kerja dan kata benda dalam teks prosedur “Langkah-langkah membuat kue basah”
·
Secara berkelompok, peserta didik mendata dan
mendiskusikan penggunaan kata kerja dan kata benda
Pengumpulan Data
·
Secara berkelompok, peserta didik mencari contoh teks
prosedur lainnya baik tulis maupun lisan (video) dari internet
·
Secara berkelompok, peserta didik mencari teori tentang
penggunaan kata kerja dan kata benda
·
Secara berkelompok, peserta didik membuat contoh
penggunaan kata kerja dan kata benda
·
Secara berkelompok, peserta didik membuat teks prosedur
Pengolahan Data
·
Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil
kerja kelompoknya
·
Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan tujuan
Pembuktian
· Salah satu kelompok mempresentasikan hasil
kerja kelompoknya, kelompok lain memberi tanggapan.
· Pendidik memberikan peegasan hasil diskusi
peserta didik.
c. Penutup (10 menit)
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Peserta didik dan guru merefleksi
yang mengaitkan materi pembelajaran dengan sikap spritiual dan sosial
·
Memfasilitasi penumpulan hasil
kerja sebagai bahan portofolio
·
Memberi tindak lanjut dengan
memberi arahan berikutnya atau tugas remidi/pengayaan
·
Peserta didik memberikan umpan balik
dengan mengajukan pertanyaan.
·
Guru menyampaikan informasi pembelajaran
yang akan datang
·
Guru menutup kegiatan
pembelajaran
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap sikap sosial dilakukan
dengan teknik observasi/ jurnal.
b. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan
teknik tes tulis.
c. Penilaian keterampilan dilakukan dengan
teknik kinerja.
2. Instrumen Penilaian
a. Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP Islam Ma’arif 3 Malang
Kelas/Semester : VII/Satu
Tahun pelajaran :
2016/2017
No
‘No
|
Waktu
Waktu
|
Nama Siswa
Siswa
|
Catatan
Perilaku
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
Butir Sikap
|
b.Instrumen Tes
Tertulis
Bacalah teks
berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!
Cara Membuat Penjor
Sederhana
Penjor merupakan salah satu karya seni bagi
masyarakat Bali. Dalam kehidupan di Bali banyak sekali kegiatan masyarakatnya memanfaatkan
Penjor.Pemasangan penjor biasanya ditancapkan pada tempat tertentu sebagai
hiasan atau keperluan upacara adat atau keagamaan. Untuk membuat penjor
sederhana diperlukan beberapa bahan:
a.
Bambu utuh
dengan ukuran kurang
lebih 7 meter
dari ujung bawah
sampai bagian atas
yang melengkung, dengan lengkungan yang indah.
b.
Janur
dari pohon aren sebanyak 1 pelepah
c.
Tali
secukupnya (dapat terrbuat dari bambu atau plastik)
d.
Sampian (Bali:Hiasan Janur yang digantung pada ujung
atas bambu)
e.
Kain
berwarna cerah kurang lebih 2 meter
f.
Alat
penyangga
g.
Pisau
Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat
penjor adalah:
1.
Bersihkanlah
bambu terlebih dahulu sehingga terbebas dari dahan-dahan kecilnya, daun dan
kotoran lainnya
2.
Rebahkanlah
bambu pada alat penyangga yang sudah disiapkan
3.
Potonglah
kain kearah memanjang dengan lebar 5 cm
4.
Bambu
yang sudah dibersihkan dililit dengan potongan kain dari ujung ke ujung
sehingga semua permukaan bambu menjadi tertutup
5.
Lepaskan
bagian janur dari pelepahnya
6.
Buatlah
lengkungan-lengkungan janur yang berbentuk bulat lonjong dengan ukuran terbesar
sebesar kelapa, dan seterusnya menggecil sedikit demi sedikit.
7.
Gunakanlah
janur yang masih segar dalam membuat lengkungan lengkungan janur
8.
Ikatlah
lengkungan-lengkungan janur yang sudah
dibuat mulai dari yang terbesar paling bawah dan yang terkecil paling atas
sampai pada ujung bambu. Pemasangan lengkungan jamur yang paling besar berjarak
3 meter dari ujung bambu yang paling besar.
9.
Gantungkanlah
sampian yang sudah disediakan pada ujung bambu terkecil
10.
Penjor
sudah dapat ditancapkan pada tempat tertentu seuai dengan kebutuhan. Untuk
menghindari kerusakan sebaiknya penacapan penjor dilakukan lebih dari 2 orang.
Dengan membuat penjor berarti kita sudah
melestarikan dan menghargai sebuah karya seni. Selamat mencoba.
Soal KD 3.5:
1. Daftarkanlah
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur di atas!
2. Apakah teks
di atas dapat disebut jenis teks prosedur? Tunjukkan alasanmu!
3. Jenis teks
prosedur apa teks di atas? Jelaskan alasanmu!
4. Tunjukkan
ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur di atas !
Rubrik Penilaian
KD 3.5
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
Nilai
|
1
|
ü Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks
prosedur dengan lengkap dan benar (100%)
ü Dapat mendaftar
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (50%)
ü Dapat mendaftar
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (25% )
|
3
2
1
|
25
|
2
|
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai
dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
|
3
2
1
|
25
|
3
|
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya
dengan alasan yang kurang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai
dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
|
3
2
1
|
25
|
4
|
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan lengkap dan benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap ,
namun benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap
dan kurang benar
|
3
2
1
|
25
|
Jumlah
Skor maksimal
|
12
|
100
|
Kisi-kisi dan Pedoman Penilaian Tes
tulis
Nama Sekolah :
SMP Islam Ma’arf 3 Malang
Kelas/Semester : VII/I
Tahun pelajaran : 2016/2017
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,
dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara
membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.)dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
Teks Prosedur
Ø Pengertian teks prosedur
Ø Ciri bahasa teks prosedur Jenis teks prosedur
|
3.5.1
Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3 Menentukan jenis teks prosedur pada teks
yang dibaca/didengar
|
Tes Tulis
|
3. Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
a. Pembelajaran
Remidial
Remidial
dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
i.
Pembelajaran ulang
Menentukan ciri umum teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Mendaftar kata/kalimat sebagai
ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
Menentukan jenis teks prosedur
pada teks yang dibaca/didengar
ii.
Bimbingan perorangan
- Penentuan ciri umum teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
- Penentuan pemakaian kalimat perintah/ saram/
larangan
b.
Pembelajaran Pengayaan
- Penentuan ciri umum teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
- Penentuan pemakaian kalimat perintah/ saram/
larangan
Mengetahui
Guru Pendamping
SUWANIK HARIATI, S.Pd
NIP. 19750827200112005
|
Malang, 4 Oktober 2016
Guru Mapel Bahasa Indonesia
M. ILHAM RAHMATULLAH L, S.Pd
|
Kepala SMP Islam Ma’arif 3
Malang
QOMARUDDIN,
M.Pd
|
LAMPIRAN
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Pengertian Teks Prosedur
Teks Prosedur adalah teks yang berisi
langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan.
b. Tujuan Teks Prosedur
Tujuan penulisan Teks Prosedur adalah
untuk Membantu pembaca atau pendengar untuk memahami bagaimana cara
melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat.
c. Ciri-ciri Teks Prosedur
a. Menggunakan
pola kalimat perintah (imperatif)
b. Menggunakan kata kerja aktif
c. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan
d. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat.
b. Menggunakan kata kerja aktif
c. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan
d. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat.
a. Teks
Prosedur Sederhana
Prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan
dua atau tiga langkah saja. Contoh: Prosedur mengoperasikan setrika.
b.
Teks prosedur Kompleks (Klik untuk membaca selengkapnya)
Prosedur yang terdiri atas banyak langkah
dan langkah langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap
langkahnya. Contoh: Prosedur tentang terkena tilang.
c. Protokol
Prosedur yang langkah-langkahnya tidak
terlalu ketat/rumit dan mudah dipahami.
e. Macam– macam kalimat dalam Teks Prosedur
a. Kalimat
Imperatif adalah kalimat yang mengandung perintah. Fungsinya adalah untuk
meminta atau melarang seseorang unruk melakukan sesuatu.
b. Kalimat
Deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan. Fungsinya adalah untuk
memberikan informasi atau berita tentang sesuatu .
c. Kalimat
Interogatif adalah kalimat yaang berisi pertanyaan. Fungsinya adalah untuk
meminta informasi tentang sesuatu.
f. Contoh Teks Prosedur
Contoh Teks Prosedur (1)
APA YANG HARUS ANDA
LAKUKAN JIKA TERKENA TILANG?
1 Di
Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan
pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan
bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda
perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan
memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan
dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. 41 Bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan Akademik
2 Pertama,
kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di
pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama
dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar
prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman
mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!
3 Kedua, pahami kesalahan
Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa
dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus
menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang
kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan
hukum yang berlaku.
4. Ketiga, pastikan
tuduhan pelanggaran.
Pengendara
sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau
tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda
dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
5 Keempat, jangan serahkan
kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak
berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor
itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian,
pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan
SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan
oleh polantas!
6 Kelima, terima
atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan
pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan
tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank.
Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti
pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat
atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil
jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan,
katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran
berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang.
Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat
dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
(Diadaptasi
dari sumber samsat dan kepolisian)
2.
Materi Pembelajaran Remidi
Cara Membuat
Botol Kaca
1. Kaca untuk botol dibuat dari
pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai
berikut.
2. Pertama, ketiga bahan tersebut
dicampur secara proporsional.
3. Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca
ditambahkan.
4. Kemudian, campuran itu dipanaskan
dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
5. Lalu, adonan kaca diproduksi.
6. Setelah itu, campuran adonan itu
dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
7. Selanjutnya, untuk memperkuat kaca
botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
8. Akhirnya, botol-botol itu siap
digunakan.
Soal
1. Daftarkanlah
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur di atas!
2. Apakah teks
di atas dapat disebut jenis teks prosedur? Tunjukkan alasanmu!
3. Jenis teks
prosedur apa teks di atas? Jelaskan alasanmu!
4. Tunjukkan
ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur di atas !
Rubrik Penilaian
KD 3.5
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
Nilai
|
1
|
ü Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks
prosedur dengan lengkap dan benar (100%)
ü Dapat mendaftar
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (50%)
ü Dapat mendaftar
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (25% )
|
3
2
1
|
25
|
2
|
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai
dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
|
3
2
1
|
25
|
3
|
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai
dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
|
3
2
1
|
25
|
4
|
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan lengkap dan benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap ,
namun benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap
dan kurang benar
|
3
2
1
|
25
|
Jumlah
Skor maksimal
|
12
|
100
|
Kisi-kisi dan Pedoman Penilaian Tes
tulis
Nama Sekolah :
SMP Islam Ma’arf 3 Malang
Kelas/Semester : VII/I
Tahun pelajaran : 2016/2017
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,
dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara
membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.)dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
Teks Prosedur
Ø Pengertian teks prosedur
Ø Ciri bahasa teks prosedur Jenis teks prosedur
|
3.5.1
Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3 Menentukan jenis teks prosedur pada teks
yang dibaca/didengar
|
Tes Tulis
|
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
Langkah-langkah
Pencangkokan Tanaman
- Pengembangan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. Hal ini dilakukan guna mendapatkan keturunan dari pohon yang dicangkok yang lebih baik, sehingga buah atau hasil yang didapatkan lebih maksimal. Sebagai contoh yakni pencangkokan tumbuhan mangga bisa mendapatkan buang mangga yang lebih baik dari mangga yang dicangkok. Selain kelebihan yang disebutkan di atas hasil pencangkokan memiliki masa tumbuh yang relatif lebih singkat, dibandingkan ditanam melalui biji atau benih.
- Dalam kenyataannya pencangkokan tanaman memiliki kelebihan dan kekurangan/ kerugin. Keuntungan yang dapat diperoleh melalui pencangkokan tananman antara lain, tanaman berbuah lebih cepat, mutu buah yang dihasilkan sama dengan induknya. Sementara kerugiannya yakni tanaman hasil pencangkokan hanya memiliki akar serabut sehingga lebih mudah tumbang/ roboh dibandingkan dengan jika ditanam secara umum.
- Dalam melakukan proses pencangkokan diperlukan beberapa alat dan bahan, diantaranya yakni satu bilah pisau, tali plastik/ tali bambu, plastik transparan/ sabut kelapa/ ijuk dan tanah yang agak basah dan subur. Alat dan bahan tersebut sangat penting sekali dalam melakukan proses pencangkokan berbagai tanaman yang memang bisa dilakukan pencangkokan.
- Adapun langkah dalam melakukan pencangkokan yakni :
- Carilah dahan yang ukuran batang pohon dan tempat yang akan dikupas paling sedikit 10 cm
- Ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan dicangkk dengan panjang kupasan 5 cm
- Kupaslah sekeliling kulit dahan yang akan dicangkok dengan panjang kupasan 5 cm
- Keriklah lendir atau kambium dahan tersebut dengan perlahan agar kering
- Tutuplah hasil kupasan dengan tanah
- Bungkuslah tanah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak jatuh.
- Setelah semua langkah dilakukan, maka lakukan pemantauan seminggu sekali, guna melihat perkembangannya. Apakah tanah pencangkkan itu kering, siramlah dengan membuka tali pengikat bagian atas cangkokan. Setelah dua atau tiga minggu, tunas hasil cangkokan akan tumbuh pada bagian tanah yang dibungkus. Maka hal tersebut bisa dikatakan proses pencangkokan berjalan dengan lancar.
Soal
1. Daftarkanlah
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur di atas!
2. Apakah teks
di atas dapat disebut jenis teks prosedur? Tunjukkan alasanmu!
3. Jenis teks
prosedur apa teks di atas? Jelaskan alasanmu!
4. Tunjukkan
ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur di atas !
Rubrik Penilaian
KD 3.5
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Bobot
Nilai
|
1
|
ü Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks
prosedur dengan lengkap dan benar (100%)
ü Dapat mendaftar
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (50%)
ü Dapat mendaftar
kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (25% )
|
3
2
1
|
25
|
2
|
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai
dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
|
3
2
1
|
25
|
3
|
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai
ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai
dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
|
3
2
1
|
25
|
4
|
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan lengkap dan benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap ,
namun benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap
dan kurang benar
|
3
2
1
|
25
|
Jumlah
Skor maksimal
|
12
|
100
|
Kisi-kisi dan Pedoman Penilaian Tes
tulis
Nama Sekolah :
SMP Islam Ma’arf 3 Malang
Kelas/Semester : VII/I
Tahun pelajaran : 2016/2017
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,
dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara
membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.)dari berbagai
sumber yang dibaca dan didengar
|
Teks Prosedur
Ø Pengertian teks prosedur
Ø Ciri bahasa teks prosedur Jenis teks prosedur
|
3.5.1
Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks
prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3 Menentukan jenis teks prosedur pada teks
yang dibaca/didengar
|
Tes Tulis
|
TERIMA KASIH, SANGAT MENGINSPIRASI.
ReplyDeleteterima kasih rpp nya !!
ReplyDeleteTerima ksih sangat membantuuu...
ReplyDeletesangat-sangat membantun, terima kasih copypastebaiksekali
ReplyDeleteterima kasih. ini sangat membantu
ReplyDelete