Skip to main content

RPP In On kelas 7 " Teks Prosedur " K13 rev. 2016





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah            :  SMP Islam Ma’arif 3 Malang
Mata Pelajaran :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester:  VII/Satu
Materi Pokok   :  Teks Prosedur
Alokasi Waktu :  2 Pertemuan (4 JP)


A.   Kompetensi Dasar dan  Indikator Pencapaian Kompetensi  (IPK)
A.1  Kompetensi Dasar
3.5   Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,  dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

A.2   Indikator Pencapaian Kompetensi  (IPK)
KD 3.5
3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri  teks  prosedur pada teks   yang  dibaca/didengar.
3.5.3 Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar


B.   Materi Pembelajaran
1.  Materi pembelajaran regular
  1. Pengertian teks prosedur
  2. Jenis teks prosedur
  3. Tujuan komunikasi teks prosedur
  4. Pola pengembangan isi
  5. Ciri bahasa teks prosedur (kata kerja, kata benda)

2.   Materi pembelajaran remedial
  1. Pengertian teks prosedur
  2. Jenis teks prosedur
  3. Tujuan komunikasi teks prosedur
d.      Pola pengembangan isi
e.       Ciri bahasa teks prosedur (kata kerja, kata benda)


3. Materi pembelajaran pengayaan
  1. Pengertian teks prosedur
  2. Jenis teks prosedur
  3. Tujuan komunikasi teks prosedur
  4. Pola pengembangan isi
  5. Ciri bahasa teks prosedur (kata kerja, kata benda)

C. Tujuan Pembelajaran
3.5.1 Siswa dapat menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2 Siswa dapat mendaftar kata/kalimat sebagai ciri  teks  prosedur pada teks   yang  dibaca/didengar.
3.5.3 Siswa dapat menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar

D. Metode Pembelajaran
1. Discovery

E. Media Pembelajaran
1. Media/alat
a.  Bungkus Mie Instan
b.  Video, “langkah-langkah membuat Mie Instan”         


F. Sumber Belajar
a.  Kemdikbud. Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud , cetakan ke 3 tahun 2016
b. Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c. Permendiknas No. 50 Tahun 2015. ―Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan, 2016.
d. http://artikelmateri.blogspot.co.id/2015/11/teks-prosedur-pengertian-tujuan-macam-ciri-contoh.html

G. Langkah-langkah Pembelajaran

       Pertemuan Pertama

a.        Pendahuluan  (10  menit )
· Guru mempersiapkan peserta didik dalam pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.
· Guru mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya.
· Guru menyampaikan manfaat pembelajaran yang akan dilakukan.
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
· Guru dan peserta didik menyepakati langkah-langkah dan penilaian kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.

b.        Kegiatan inti  (60 menit)
Stimulasi
·    Peserta didik menyimak tayangan video “langkah-langkah menyajikan Mie Instan” ( yang disediakan oleh guru). (mengamati)
·    Peserta didik membaca teks prosedur pada Mie Instan
·    Peserta didik mencermati penjelasan tentang teks prosedur dalam buku LKS Bahasa Indonesia
·    Peserta didik menyimak penjelasan pendidik tentang tugas yang harus dikerjakan

Pernyataan/ identifikasi masalah
·      Secara berkelompok, peserta didik bertanya jawab untuk merumuskan batasan teks prosedur
·      Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri umum teks prosedur (struktur, ciri kebahasaan; kata kerja, kata benda) yang terdapat dalam teks prosedur yang diamati.
·      Secara berkelompok, peserta didik megerjakan tugas dalam lembar kerja peserta didik yang telah disediakan oleh pendidik.
·      Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya.
·      Secara acak, pendidik menunjuk satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi.

Pengumpulan Data
·    Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi tambahan (teori) tentang ciri umum (struktur, ciri kebahasaan; kata kerja, kata benda) dari berbagai sumber lainnya seperti, di buku Bahasa Indonesia, internet, atau buku lainnya.
·    Secara berkelompok, peserta didik mencari contoh teks prosedur dari berbagai sumber lainnya seperti, di buku Bahasa Indonesia, internet, atau buku lainnya.
·    Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri umum teks prosedur (struktur, ciri kebahasaan; kata kerja, kata benda) yang ditemukannya.

Pengolahan Data
·    Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan hal-hal apa yang diuraikan pada tiap bagian ciri umum teks prosedur dengan baik
·    Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan teks prosedur
·    Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja.

Pembuktian
·    Secara berkelompok, peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain menanggapi
·    Pendidik memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

c.         Penutup (10 menit)
·    Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·    Peserta didik dan guru merefleksi yang mengaitkan materi pembelajaran dengan sikap spritiual dan sosial
·    Memfasilitasi penumpulan hasil kerja sebagai bahan portofolio
·    Memberi tindak lanjut dengan memberi arahan berikutnya atau tugas remidi/pengayaan
·    Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan.
·    Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
·    Guru menutup kegiatan pembelajaran

Pertemuan Kedua

a.   Pendahuluan  (10  menit )
· Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
· Pendidik mengecek kehadiran peserta didik
· Pendidik mengajukan pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. Misalnya: “Siapa yang masih ingat konsep teks prosedur yang kita pelajari minggu lalu?”, dan “Sebutkan ciri umum teks prosedur?”
· Pendidik membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberkn terkait dengan pemahaman mereka tentang teks prosedur dengan harapan mereka akan mampu menerapkan teks prosedur dengan baik.
· Pendidik menyampaikan materi pembelajaran hari itu yaitu tentang ciri umum teks prosedur
· Menyampaikan tujuan dan indikator pembelajaran
· Menyepakati kegiatan yang akan dillakukan

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulasi
·  Peserta didik membaca contoh teks prosedur “Langkah-langkah membuat kue basah”
·  Mencermati uraian yang berkaitan dengan kata kerja dan kata benda

Identifikasi Masalah
· Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan kata kerja dan kata benda dalam teks prosedur “Langkah-langkah membuat kue basah”
· Secara berkelompok, peserta didik mendata dan mendiskusikan penggunaan kata kerja dan kata benda

Pengumpulan Data
· Secara berkelompok, peserta didik mencari contoh teks prosedur lainnya baik tulis maupun lisan (video) dari internet
· Secara berkelompok, peserta didik mencari teori tentang penggunaan kata kerja dan kata benda
· Secara berkelompok, peserta didik membuat contoh penggunaan kata kerja dan kata benda
· Secara berkelompok, peserta didik membuat teks prosedur

Pengolahan Data
· Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya
· Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan tujuan

Pembuktian
· Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain memberi tanggapan.
· Pendidik memberikan peegasan hasil diskusi peserta didik.

c.       Penutup (10 menit)
·    Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·    Peserta didik dan guru merefleksi yang mengaitkan materi pembelajaran dengan sikap spritiual dan sosial
·    Memfasilitasi penumpulan hasil kerja sebagai bahan portofolio
·    Memberi tindak lanjut dengan memberi arahan berikutnya atau tugas remidi/pengayaan
·    Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan.
·    Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
·    Guru menutup kegiatan pembelajaran

H.    Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.    Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.    Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.    Instrumen Penilaian
a.    Instrumen jurnal
                                                        Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah        : SMP Islam Ma’arif 3 Malang
Kelas/Semester       : VII/Satu
Tahun pelajaran      : 2016/2017
No
‘No
Waktu
Waktu
Nama Siswa
Siswa
Catatan Perilaku
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Butir Sikap


















b.Instrumen Tes Tertulis

Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!
Cara Membuat Penjor Sederhana
Penjor merupakan salah satu karya seni bagi masyarakat Bali. Dalam kehidupan di Bali banyak sekali kegiatan masyarakatnya memanfaatkan Penjor.Pemasangan penjor biasanya ditancapkan pada tempat tertentu sebagai hiasan atau keperluan upacara adat atau keagamaan. Untuk membuat penjor sederhana diperlukan beberapa bahan:
a.    Bambu  utuh  dengan  ukuran  kurang  lebih  7  meter  dari  ujung  bawah  sampai  bagian  atas  yang melengkung, dengan lengkungan yang indah.
b.    Janur dari pohon aren sebanyak 1 pelepah
c.    Tali secukupnya (dapat terrbuat dari bambu atau plastik)
d.    Sampian  (Bali:Hiasan Janur yang digantung pada ujung atas bambu)
e.    Kain berwarna cerah kurang lebih 2 meter
f.      Alat penyangga
g.    Pisau

Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat penjor adalah:
1.    Bersihkanlah bambu terlebih dahulu sehingga terbebas dari dahan-dahan kecilnya, daun dan kotoran lainnya
2.    Rebahkanlah bambu pada alat penyangga yang sudah disiapkan
3.    Potonglah kain kearah memanjang dengan lebar 5 cm
4.    Bambu yang sudah dibersihkan dililit dengan potongan kain dari ujung ke ujung sehingga semua permukaan bambu menjadi tertutup
5.    Lepaskan bagian janur dari pelepahnya
6.    Buatlah lengkungan-lengkungan janur yang berbentuk bulat lonjong dengan ukuran terbesar sebesar kelapa, dan seterusnya menggecil sedikit demi sedikit.
7.    Gunakanlah janur yang masih segar dalam membuat lengkungan lengkungan janur
8.    Ikatlah lengkungan-lengkungan janur  yang sudah dibuat mulai dari yang terbesar paling bawah dan yang terkecil paling atas sampai pada ujung bambu. Pemasangan lengkungan jamur yang paling besar berjarak 3 meter dari ujung bambu yang paling besar.
9.    Gantungkanlah sampian yang sudah disediakan pada ujung bambu terkecil
10.     Penjor sudah dapat ditancapkan pada tempat tertentu seuai dengan kebutuhan. Untuk menghindari kerusakan sebaiknya penacapan penjor dilakukan lebih dari 2 orang.
Dengan membuat penjor berarti kita sudah melestarikan dan menghargai sebuah karya seni. Selamat mencoba.

Soal  KD 3.5:
1. Daftarkanlah kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur di atas!
2. Apakah teks di atas dapat disebut jenis teks prosedur? Tunjukkan alasanmu!
3. Jenis teks prosedur apa teks di atas? Jelaskan alasanmu!
4. Tunjukkan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur di atas !



Rubrik Penilaian KD 3.5
No
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot Nilai
1
ü  Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur dengan lengkap dan benar (100%)
ü  Dapat  mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (50%)
ü  Dapat  mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (25% )
3

2

1
25



2 
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
3

2

1
25



3
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
3

2

1
25



4
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan lengkap dan benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan kurang lengkap , namun benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan kurang lengkap dan kurang benar
3

2

1
25




Jumlah Skor maksimal
12
           100













Kisi-kisi dan Pedoman Penilaian Tes tulis

Nama Sekolah                            : SMP Islam Ma’arf 3 Malang
Kelas/Semester                           : VII/I
Tahun pelajaran                          : 2016/2017
Mata Pelajaran                           : Bahasa Indonesia

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.5   Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,  dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.)dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar


Teks Prosedur
Ø    Pengertian teks prosedur
Ø    Ciri bahasa teks prosedur Jenis teks prosedur
3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2     Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri  teks  prosedur pada teks   yang  dibaca/didengar.
3.5.3      Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar

Tes Tulis

                                                                      
3. Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
            a. Pembelajaran Remidial
                        Remidial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
                        i. Pembelajaran ulang
                 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
                 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri  teks  prosedur pada teks yang  dibaca/didengar.
                 Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar

                        ii. Bimbingan perorangan
-   Penentuan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
-    Penentuan pemakaian kalimat perintah/ saram/ larangan
            b. Pembelajaran Pengayaan
-   Penentuan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
-    Penentuan pemakaian kalimat perintah/ saram/ larangan

Mengetahui
Guru Pendamping



SUWANIK HARIATI, S.Pd
NIP. 19750827200112005
Malang, 4 Oktober 2016
Guru Mapel Bahasa Indonesia



M. ILHAM RAHMATULLAH L, S.Pd


Kepala SMP Islam Ma’arif 3 Malang




QOMARUDDIN, M.Pd
LAMPIRAN
MATERI PEMBELAJARAN


1. Materi Pembelajaran Reguler

a. Pengertian Teks Prosedur
Teks Prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan.

b. Tujuan Teks Prosedur
Tujuan penulisan Teks Prosedur adalah untuk Membantu pembaca atau pendengar untuk memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat.

c. Ciri-ciri Teks Prosedur
a.  Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif)
b.  Menggunakan kata kerja aktif
c.  Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan
d. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat.

d. Macam–macam Teks prosedur: 
a.      Teks Prosedur Sederhana 
Prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja. Contoh: Prosedur mengoperasikan setrika. 
b.     Teks prosedur Kompleks   (Klik untuk membaca selengkapnya)
Prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.  Contoh: Prosedur tentang terkena tilang.
c.      Protokol 
Prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu ketat/rumit dan mudah dipahami. 


e. Macam– macam kalimat dalam Teks Prosedur 
a.      Kalimat Imperatif adalah kalimat yang mengandung perintah. Fungsinya adalah untuk meminta atau melarang seseorang unruk melakukan sesuatu. 
b.      Kalimat Deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu . 
c.      Kalimat Interogatif adalah kalimat yaang berisi pertanyaan. Fungsinya adalah untuk meminta informasi tentang sesuatu. 




f. Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur (1)

APA  YANG  HARUS  ANDA  LAKUKAN  JIKA  TERKENA  TILANG?
1      Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran berlalu lintas. Dengan memperhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran, Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. 41 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
2      Pertama, kenali si petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak  di luar prosedur. Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku sebagai polisi lalu lintas (polantas)!
3   Kedua, pahami kesalahan Anda. Tanyakanlah apa kesalahan Anda, pasal berapa yang dilanggar, dan berapa    dendanya. Sebagai pembimbing masyarakat, polisi harus menjelaskan kesalahan pengendara agar kesalahan tersebut tidak terulang  kembali. Alasan pelanggaran dan besarnya denda juga harus berdasarkan hukum yang berlaku.
4.    Ketiga, pastikan tuduhan pelanggaran.
      Pengendara sudah selayaknya mengecek tuduhan pelanggaran polisi tersebut, benar atau tidak. Jika polisi menyatakan Anda dilarang belok ke kiri karena ada tanda dilarang belok kiri, Anda harus yakin bahwa tanda tersebut benar-benar ada.
  5  Keempat, jangan serahkan kendaraan atau STNK (surat tanda nomor kendaraan) begitu saja. Polisi tidak  berhak menyita kendaraan bermotor atau STNK, kecuali kendaraan bermotor itu diduga hasil tindak pidana, pelanggaran itu mengakibatkan kematian, pengemudi tidak dapat menunjukkan STNK, atau pengemudi tidak dapat menunjukkan SIM. Jadi, utamakanlah SIM (surat izin mengemudi) sebagai surat yang ditahan oleh polantas!
6     Kelima, terima atau tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat bukti pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda. Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.  
(Diadaptasi dari sumber samsat dan kepolisian)











2. Materi Pembelajaran Remidi
            Cara Membuat Botol Kaca
1.   Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
2.   Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional.
3.   Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
4.   Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang sangat tinggi.
5.   Lalu, adonan kaca diproduksi.
6.   Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
7.   Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
8.   Akhirnya, botol-botol itu siap digunakan.

Soal
1. Daftarkanlah kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur di atas!
2. Apakah teks di atas dapat disebut jenis teks prosedur? Tunjukkan alasanmu!
3. Jenis teks prosedur apa teks di atas? Jelaskan alasanmu!
4. Tunjukkan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur di atas !

Rubrik Penilaian KD 3.5
No
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot Nilai
1
ü  Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur dengan lengkap dan benar (100%)
ü  Dapat  mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (50%)
ü  Dapat  mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (25% )
3

2

1
25



2 
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
3

2

1
25



3
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
3

2

1
25



4
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan lengkap dan benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan kurang lengkap , namun benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan kurang lengkap dan kurang benar
3

2

1
25




Jumlah Skor maksimal
12
           100










Kisi-kisi dan Pedoman Penilaian Tes tulis

Nama Sekolah                            : SMP Islam Ma’arf 3 Malang
Kelas/Semester                           : VII/I
Tahun pelajaran                          : 2016/2017
Mata Pelajaran                           : Bahasa Indonesia

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.5   Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,  dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.)dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar


Teks Prosedur
Ø    Pengertian teks prosedur
Ø    Ciri bahasa teks prosedur Jenis teks prosedur
3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2     Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri  teks  prosedur pada teks   yang  dibaca/didengar.
3.5.3      Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar

Tes Tulis
































3. Materi Pembelajaran Pengayaan

Langkah-langkah Pencangkokan Tanaman

  1. Pengembangan tanaman dapat dilakukan melalui pencangkokan. Selain mudah dilakukan, pencangkokan juga murah biayanya. Hal ini dilakukan guna mendapatkan keturunan dari pohon yang dicangkok yang lebih baik, sehingga buah atau hasil yang didapatkan lebih maksimal. Sebagai contoh yakni pencangkokan tumbuhan mangga bisa mendapatkan buang mangga yang lebih baik dari mangga yang dicangkok. Selain kelebihan yang disebutkan di atas hasil pencangkokan memiliki masa tumbuh yang relatif lebih singkat, dibandingkan ditanam melalui biji atau benih.
  2. Dalam kenyataannya pencangkokan tanaman memiliki kelebihan dan kekurangan/ kerugin. Keuntungan yang dapat diperoleh melalui pencangkokan tananman antara lain, tanaman berbuah lebih cepat, mutu buah yang dihasilkan sama dengan induknya. Sementara kerugiannya yakni tanaman hasil pencangkokan hanya memiliki akar serabut sehingga lebih mudah tumbang/ roboh dibandingkan dengan jika ditanam secara umum.
  3. Dalam melakukan proses pencangkokan diperlukan beberapa alat dan bahan, diantaranya yakni satu bilah pisau, tali plastik/ tali bambu, plastik transparan/ sabut kelapa/ ijuk dan tanah yang agak basah dan subur. Alat dan bahan tersebut sangat penting sekali dalam melakukan proses pencangkokan berbagai tanaman yang memang bisa dilakukan pencangkokan.
  4. Adapun langkah dalam melakukan pencangkokan yakni :
  5. Carilah dahan yang ukuran batang pohon dan tempat yang akan dikupas paling sedikit 10 cm
  6. Ukurlah jarak antara batang pohon dan tempat yang akan dicangkk dengan panjang kupasan 5 cm
  7. Kupaslah sekeliling kulit dahan yang akan dicangkok dengan panjang kupasan 5 cm
  8. Keriklah lendir atau kambium dahan tersebut dengan perlahan agar kering
  9. Tutuplah hasil kupasan dengan tanah
  10. Bungkuslah tanah dengan plastik, lalu ikat kedua ujungnya agar tanah tidak jatuh.
  11. Setelah semua langkah dilakukan, maka lakukan pemantauan seminggu sekali, guna melihat perkembangannya. Apakah tanah pencangkkan itu kering, siramlah dengan membuka tali pengikat bagian atas cangkokan. Setelah dua atau tiga minggu, tunas hasil cangkokan akan tumbuh pada bagian tanah yang dibungkus. Maka hal tersebut bisa dikatakan proses pencangkokan berjalan dengan lancar.
Soal
1. Daftarkanlah kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur di atas!
2. Apakah teks di atas dapat disebut jenis teks prosedur? Tunjukkan alasanmu!
3. Jenis teks prosedur apa teks di atas? Jelaskan alasanmu!
4. Tunjukkan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur di atas !

Rubrik Penilaian KD 3.5
No
Aspek yang dinilai
Skor
Bobot Nilai
1
ü  Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur dengan lengkap dan benar (100%)
ü  Dapat  mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (50%)
ü  Dapat  mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (25% )
3

2

1
25



2 
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
3

2

1
25



3
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
ü  Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat
3

2

1
25



4
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan lengkap dan benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan kurang lengkap , namun benar
ü Dapat menuliskan ciri-ciri  bahasa yang terdapat  pada teks prosedur dengan kurang lengkap dan kurang benar
3

2

1
25




Jumlah Skor maksimal
12
           100


















































Kisi-kisi dan Pedoman Penilaian Tes tulis

Nama Sekolah                            : SMP Islam Ma’arf 3 Malang
Kelas/Semester                           : VII/I
Tahun pelajaran                          : 2016/2017
Mata Pelajaran                           : Bahasa Indonesia

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3.5   Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu, cara menggunakan,  dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, cara membuat cindera mata, dll.)dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar


Teks Prosedur
Ø    Pengertian teks prosedur
Ø    Ciri bahasa teks prosedur Jenis teks prosedur
3.5.1 Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.2     Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri  teks  prosedur pada teks   yang  dibaca/didengar.
3.5.3      Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar

Tes Tulis




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nama-Nama Organ Tubuh dalam ISTILAH Madura

Nama-Nama Organ Tubuh dalam Bahasa Madura No Istilah dalam Madura Istilah dalam Bahasa Indonesia A. Kepala 1.         Obuk Rambut 2.         Oben Uban                     3.         Obuk Reng-gerengan Rambut pirang       4.         obuk lanjeng Rambut panjang     5.         obuk kendek Rambut pendek      6.         butak Botak                                 7.         pletetan Rambut bagian depan/ pelipis 8.         obuk solot Rambut kriting                   9.         obuk loros Rambut lurus                                  10.     otek Otak                                               11.     bun-bunan Ubun-ubun                                     12.     Pleseran cetak Puseran kepala            

ISTILAH-ISTILAH DALAM BAHASA MADURA

Nama                : Muhammad Ilham   Rahmatullah Luthfi NPM                : 120401080003 Kelas               : 2012 A Bahasa Ibu       :   Madura Kata Benda (Madura) dan terjemahannya Mejo = meja Korseh = kursi Kasor = kasur Bental = bantal Canteng = gayung Kabek = kawat Kelambih = baju Lebber = celana pendek Pereng = piring Gelles = gelas Demar = lampu Lelen = lilin Tembeh = timba Landuk = cangkul Taker = tikar Kajuh = kayu Penanggelen = kalender Betoh = batu Perreng = bambu Pakoh = paku Ledding = pisau Arek = celurit Beddung = kapak Labeng = pintu Posapoh = sapu Kata Kerja (Madura) dan terjemahannya Ngakan = makan Nginum = minum Tedung = tidur Tojuk = duduk Manjeng = berdiri Atole = menoleh Angabes = melihat Anangis = menangis Ara kora = mencuci piring Asa sessa = mencuci baju Anganggui = memakai Alakoh = bekerja Asapoan = menyapu Anamen = menanam

CONTOH SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA

UNTUK ANTUM-ANTUM YANG MENCARI CONTOH SILABUS DAN RPP ANE PUNYA NIH... MOGA BERMANFAAT YA....! RENCANA PELAKSANAAN SILABUS PEMBELAJARAN Sekolah                                  : SMP NU BULULAWANG Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia Kelas/Semester                    : VIII (Delapan) /1 (Satu) Standar Kompetensi            : Menulis                                                    4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar Teknik Penilaian Bentuk   Instrumen Contoh Instrumen 4.1     Menulis surat dinas berkenaan de­ngan kegi­atan sekolah dengan sis­te­matika yang tepat dan bahasa baku Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan se